Detail Cantuman Kembali
Irfan - Personal Name

Representasi Pesan Moral dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Extended (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Irfan, 1402055064, Representasi Pesan Moral dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Extended (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bimbingan Bapak Drs. Sugandi, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Sarwo Edy Wibowo, S.I.Kom, M.I.Kom selaku dosen pembimbing II.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pesan Moral digambarkan dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang bersifat lansung dan tersembunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif interpretatif. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah 10 scene pilihan yang mana di dalamnya terdapat pesan moral yang dilihat berdasarkan unsur naratif berupa aspek cerita dan sinematik berupa sinematografi. Pesan moral yang digunakan yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan lingkungan sosial, dan hubungan manusia dengan diri sendiri.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa pesan moral hubungan manusia dengan tuhan berupa penyimpangan syariat islam dalam pernikahan dan sekularisme. Kemudian moral dalam hubungan manusia dengan orang lain berupa diskriminasi suku, ketidakadilan, materialism dan akulturasi budaya. Serta moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri berupa berjiwa besar, amarah dan pantang menyerah.
Kata kunci : Film, Pesan Moral, Semiotika.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Representasi Pesan Moral dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Extended (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Pengarang Irfan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IRF r 2020
Subyek Film, Pesan Moral, Semiotika
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua