IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PELANGGAN DI PT. WOM FINANCE Tbk. CABANG SAMARINDA
Yorghie Adian Putra. 1302055057. SKRIPSI. Implementasi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Hubungan Pelanggan Di PT. Wom Finance Tbk. Cabang Samarinda. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 2020
Strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan pelanggan, merupakan keseluruhan konsep dan marketing dalam suatu strategi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan pelanggan pada PT. WOM Finance Tbk. cabang Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan peneliti ini melibatkan 2 (dua) orang sebagai key informant dan 2 (dua) orang sebagai informan pendukung. Teknik Alat analisis model interaktif, antara lain: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa peranan konsep yang dikemukakan oleh Kotler dan Smith sebagai fokus penelitian, hanya 8 yang digunakan oleh PT.Wom Finance Tbk cabang Samarinda (Advertising, Sales Promotion, Public Relation & Publicity, Personal Selling, Direct Marketing, Corporate Identity, Poin of Sale and Merchandising, Word of Mouth). Dari 8 konsep yang digunakan hanya berfokus di pelayanan, kepercayaan, kenyamanan, kemudahan dan komunikasi yang jelas dengan para konsumen baru atau lama, yang membuat PT.Wom Finance Tbk dipercaya sampai sekarang. Sedangkan 2 konsep (Sponsorship dan Packaging) tidak digunakan PT.Wom Finance Tbk. Dari 2 konsep tersebut PT.Wom Finance Tbk tidak memberikan Sponsorship kepada konsumen mereka, akan tetapi mempunyai program melalui CSR untuk masyarakat. PT.Wom Finance Tbk masih belum memiliki kemasan produk, akan tetapi hanya memberikan pelayanaan yang dapat dipercaya.
Kata Kunci : Implementasi, Komunikasi Pemasaran, Hubungan Pelanggan PT. WOM Finance Tbk. Kota Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PELANGGAN DI PT. WOM FINANCE Tbk. CABANG SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | YORGHIE ADIAN PUTRA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YOR i 2020 |
Subyek | Implementasi, Komunikasi Pemasaran, Hubungan Pelan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ilmu komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY