Detail Cantuman Kembali
Raynaldi Dharma Saputra - Personal Name

Perencanaan Produksi Batubara PIT S4 UTARA di PT. Yufa Kalimantan Kecamatan Kenohan dan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur

Sektor pertambangan merupakan salah satu bidang usaha yang memiliki nilai investasi yang sangat besar dengan banyak resiko yang akan dihadapi pada saat berjalannya usaha tersebut. Dalam penelitian kali ini, masalah yang terjadi di lokasi penelitian adalah tidak tercapainya target produksi yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu sebesar 50.000 MT batubara dan 150.000 BCM overburden dengan maksimal nilai stripping ratio sebesar 3, dikarenakan unit penambangan yang tidak dalam kondisi baik sehingga mempengaruhi nilai produktivitas alat gali muat, tingkat keserasian antara alat gali muat dengan alat angkut tidak terpenuhi dan kurangnya unit penambangan guna mencapai target produksi yang titetapkan.
Setelah dilakukan penelitian, target produksi yang dapat dicapai dengan menggunakan alat penambangan yang ada di lokasi pada bulan Oktober 2019 adalah 64.700 BCM overburden dan 32.240 MT batubara dan pada bulan November adalah 69.036 BCM overburden dan 34.592 MT batubara. Guna mencapai target produksi yang diinginkan diberikan rekomendasi berupa penambahan alat penambangan atau penambahan jam kerja. Setelah dilakukan perhitungan dengan rekomendasi tersebut target produksi batubara yang dapat dicapai adalah sebesar 72.149 MT.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh Target produksi yang dapat dicapai oleh alat gali muat yang ada di lokasi penelitian pada bulan Oktober 2019 adalah sebesar 64.700 BCM overburden dan 32.240 MT batubara, sedangkan pada bulan November 2019 adalah sebesar 69.036 BCM overburden dan 34.592 MT batubara. Dengan rekomendasi untuk mencapai target produksi yang ditetapkan yaitu dengan melakukan penambahan armada penambangan atau melakukan penambahan jam kerja penambangan.
Kata Kunci : Cadangan, Perencanaan, Produksi, Minescape, Xpac.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perencanaan Produksi Batubara PIT S4 UTARA di PT. Yufa Kalimantan Kecamatan Kenohan dan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur
Pengarang Raynaldi Dharma Saputra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAY p 2020
Subyek Cadangan, Perencanaan, Produksi, Minescape, Xpac.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan S1 Teknik Pertambangan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua