Detail Cantuman Kembali
MARSISRAM - Personal Name

Pengaruh Daun Pepaya (Carica papaya L) dan Daun Pare (Momordica charantia L) sebagai Pestisida Nabati terhadap Mortalitas Lalat Rumah (Musca domestica)

Marsisram, 2020: Pengaruh Daun Pepaya (Carica papaya L) dan Daun Pare (Momordica charantia L) Sebagai Pestisida Nabati Terhadap Mortalitas Lalat Rumah (Musca domestica). Penelitian ini dibawah bimbingan Ibu Vandalita M.M. Rambitan, selaku pembimbing I dan Ibu Elsje Theodora Maasawet selaku pembimbing II. Kesehatan merupakan faktor penting dalam kehidupan masyarakat, salah satu faktor penyebab lingkungan menjadi tidak sehat adalah bau dari tumpukan sampah. Tempat penimbunan sampah merupakan salah satu tempat berkembangbiaknya lalat yang bisa menjadi vektor penyakit. Oleh sebab itu, populasi lalat rumah perlu ditekan pertumbuhan dan perkembangannya dengan cara pemberian pestisida nabati, yaitu yang dalam penelitian ini menggunakan daun pepaya dan daun pare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daun pepaya (Carica papaya L) dan daun pare (Momordica charantia L) sebagai pestisida nabati terhadap mortalitas lalat rumah (Musca domestica). Penelitian ini dilaksanakan pada 5 Februari sampai dengan 29 Maret 2018 di daerah Jalan Perjuangan, Kecamatan Samarinda Utara. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan (termasuk kontrol) yang diulang sebanyak tiga kali. Masing-masing perlakuan yaitu larutan daun pepaya, larutan daun pare dan larutan campuran daun pepaya dan daun pare kemudian dianalisis dengan menggunakan Analisis Of Variance (ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa larutan daun daun pepaya dan daun pare memiliki pengaruh terhadap mortalitas lalat rumah. Campuran daun pepaya dan daun pare merupakan larutan yang paling efektif terhadap mortalitas lalat dengan nilai mencapai 80-100%. Nilai Fhitung (24.25) > Ftabel 0,05 (3,34) sehingga dapat disimpulkan bahwa pestisida nabati daun pepaya (Carica papaya L) dan daun pare (Momordica charantia L) dapat mempengaruhi mortalitas lalat rumah (Musca domestica). Kata Kunci : Daun Pepaya, Daun Pare, Mortalitas, Lalat Rumah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Daun Pepaya (Carica papaya L) dan Daun Pare (Momordica charantia L) sebagai Pestisida Nabati terhadap Mortalitas Lalat Rumah (Musca domestica)
Pengarang MARSISRAM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR p 2020
Subyek Daun Pepaya, Daun Pare, Mortalitas, Lalat Rumah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan ILMU PENDIDIKAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua