Detail Cantuman Kembali
Haidir Anwar - Personal Name

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA APOTEK KIMIA FARMA 385 PMI DI SAMARINDA

Memahami pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen merupakan suatu hal yang penting bagi Apotek Kimia Farma 385 PMI untuk meningkatan bauran pemasaran dalam menarik minat pembeli untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Namun beberapa variabel bauran pemasaran pada Apotek Kimia Farma 385 PMI masih belum maksimal bagi konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian pada Apotek Kimia Farma 385 PMI di Samarinda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri variabel independen yaitu variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) dan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Pengambilan sampel sebanyak 100 responden untuk memperoleh data dalam bentuk statistik menggunakan software SPSS 21. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner, dokumentasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Apotek Kimia Farma 385 PMI di Samarinda. Hasil uji t diketahui bahwa secara parsial variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), proses (X6) dan bukti fisik (X7) dinyatakan signifikan, sedangkan variabel promosi (X4) dan orang (X5) dinyatakan tidak signifikan. Variabel yang paling berpengaruh adalah produk.

Saran peneliti pada Apotek Kimia Farma 385 PMI dapat melakukan promosi secara rutin yang berupa iklan melalui media sosial, TV online apotek yang menampilkan promosi iklan produk yang ditawarkan sehingga tersampaikan kepada masyarakat secara baik dan bukan hanya melakukan promosi penjualan pada hari- hari tertentu saja, serta Apotek Kimia Farma lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan seperti keramahan karyawan, selalu berpenampilan menarik dihadapan konsumen dan setiap 1 bulan sekali mengadakan pelatihan karyawan dalam rangka mewujudkan kepuasan pelanggan.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA APOTEK KIMIA FARMA 385 PMI DI SAMARINDA
Pengarang Haidir Anwar - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAD p 2020
Subyek Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan administrasi bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua