Detail Cantuman Kembali
Ria Vironita - Personal Name

POLA KOMUNIKASI VERBAL DALAM NEGOSIASI PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR SANGA-SANGA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Komunikasi verbal, informasi atau pesan disampaikan secara verbal atau lisan. Memahami komunikasi dalam kehidupan sehari hari sangatlah penting karna dalam berkomunikasi adalah proses penyampain sebuah pesan kepada lawan bicaranya. Salah satu bentuk komunikasi adalah negosiasi yang merupakan proses tradisional dalam sistem jual-beli pada sebuah pasar dalam mekanisme perdagangan yang dilakukan orang-orang dengan berbagai latar belakang budaya seperti yang terdapat di Pasar Tradisional Sanga Sanga. Negosiasi pedagang dan pembeli ini menjadi menarik karena memerlukan keahlian tertentu, pengolahan kata yang tepat dan interaksi yang dibangun pedagang dan pembeli yang jarang ditemukan di pasar modern.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, bentuk dan pola-pola komunikasi verbal yang terjadi dalam negosiasi pedagang dan pembeli di pasar Sanga Sanga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mengidentifikasi proses, bentuk dan pola komunikasi verbal yang terjadi dalam negosiasi antara pedagang dan pembeli di pasar Sanga Sanga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan observasi, rekaman, dan wawancara.
Berdasarkan analisis data, hasil penelitian dan pembahasan dapat ditemukan bahwa proses komunikasi verbal negosiasi pedagang dan pembeli di Pasar Sanga Sanga termasuk proses komunikasi verbal yang aktif dan elemen proses komunikasi terpenuhi dalam negosiasi pedagang dan pembeli. Bentuk komunikasi verbal dalam negosiasi pedagang dan pembeli dalam penelitian ini yaitu bentuk komunikasi verbal menggunakan kata, kalimat, dan bahasa yang sederhana sehingga mudah difahami oleh oleh pembeli yang berlangsung secara bergantian sebagai sisi penerima dan pemberi ide dan informasi. Interaksi komunikatif antara pedagang dan pembeli menunjukkan adanya pola-pola komunikasi sirkular yaitu terjadinya feedback atau umpan balik, yaitu terjadinya arus dari komunikan ke komunikator antara pedagang dan penjual secara bergantian.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul POLA KOMUNIKASI VERBAL DALAM NEGOSIASI PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR SANGA-SANGA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Ria Vironita - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIA p 2020
Subyek Proses, Bentuk, Pola Pola, Komunikasi Verbal
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua