PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK YAKULT (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman)
Atribut produk sangatlah penting untuk dijadikan dasar oleh konsumen dalam pembelian sebuah produk. Yakult selalu meraih predikat Top Brand, namun pencapaian penjualan mengalami penurunan dari tahun 2017 hingga tahun 2018. Penurunan penjualan dapat disebabkan masalah atribut produk meliputi merek, harga, kualitas produk dan kemasan. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh atribut produk yang terdiri dari variabel merek, harga, kualitas produk dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk Yakult.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variabel independen adalah merek, harga, kualitas produk dan kemasan, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Sampel adalah mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman angkatan 2016 s.d 2018 yang mengkonsumsi Yakult berjumlah 65 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk terdiri dari variabel merek, harga, kualitas produk dan kemasan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Yakult. Merek, kualitas produk dan kemasan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Yakult. Sedangkan harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Yakult. Kemasan paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Yakult.
Disarankan perusahaan Yakult lebih meningkatkan atribut produk meliputi merek, kualitas produk dan kemasan agar konsumen melakukan keputusan pembelian dan pembelian ulang.
Kata Kunci : Atribut Produk, Keputusan Pembelian.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK YAKULT (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman) |
---|---|
Pengarang | WIDYA NUR AYU PERMATASARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WID p 2020 |
Subyek | Atribut Produk, Keputusan Pembelian. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ILMU ADMINISTRASI bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY