Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islamic Center Samarinda
Rismawati, 2020. Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Sains Anak Usia 5-6 Tahun bimbingan Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku pembimbing I, dan Dr. Azainil, M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islamic Center Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu kelas Abul Hasan kelompok B di TK Islamic Center Samarinda yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Data pada penelitian ini diperoleh dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan II siklus dan sebanyak enam pertemuan data-data yang diperoleh melalui kegiatan analisis data yang diperoleh pada siklus I dengan nilai rata-rata anak 6 termasuk kategori sedang dengan presentase 53% , sedangkan pada siklus II nilai rata-rata anak, 11 anak yang termasuk ketagori sangat tinggi dengan presentase 94% . Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak melalui bermain sains dapat berkembang di buktikan dengan tindakan yang dilakukan sebanyak 11 orang anak dengan kategori sangat tinggi dan terdapat 1 orang anak dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Sains Usia 5-6 Tahun
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islamic Center Samarinda |
---|---|
Pengarang | RISMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS p 2020 |
Subyek | Kemampuan Kognitif, Sains Usia 5-6 Tahun |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pedidikan Guru PAUD |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY