PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PANTAI MUTIARA INDAH KECAMATAN MUARA BADAK
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Mutiara Indah Kecamatan Muara Badak. Pantai Mutiara Indah merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Muara Badak tidak hanya mengandalkan keindahannya dipantai Mutiara Indah tersebut juga memiliki berbagai macam wahana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengaruh antara Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung pada salah satu pantai yang ada di Muara Badak yaitu Pantai Mutiara Indah. Dalam penelitian ini menggunakan teori harga menurut Tjiptono (2012), yaitu kesesuaian harga dengan kualitas produk, daftar harga, potongan harga dan harga yang disesuaikan. Teori selanjutnya yaitu kualitas pelayanan menurut Kotler dan Amstrong (2012), yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti nyata. Kepuasan pengunjung menurut Kotler dan Keller (2012), yaitu kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, kesediaan merekomendasikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan kuesioner, dan alat analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan spss versi 20. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling (purposive sampling). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 96 responden adalah pengunjung pantai Mutiara Indah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan Uji F (Simultan) varaibel harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung, dari hasil perhitungan Uji T (Parsial) hanya variabel harga yang berpengaruh secara parsial, sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Variabel yang paling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung adalah variabel harga.
Kata kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PANTAI MUTIARA INDAH KECAMATAN MUARA BADAK |
---|---|
Pengarang | SOFYAN NUR - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SOF p 2020 |
Subyek | Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Bisnis Konsentrasi Pariwisata dan Hospitality |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY