Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua Pengganti Dalam Pembentukan Prilaku Sosial Anak di SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prilaku dan factor-faktor yang mempengaruhi prilaku social siswa dalam pola pengasuhan orang tua pengganti serta peran guru BK dalam mengatasi prilaku sosisal siswa di SMP Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan prilaku social dan factor-faktor yang mempengaruhinya serta mengungkapkan peran guru BK dalam mengatasi prilaku social siswa di SMP Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari dua variabel yaitu pola asuh orang tua pengganti dan prilaku social siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua pengganti dalam pembentukan prilaku social siswa ada 2 indikator yaitu pertama prilaku social meliputi, Perilaku sosial yang harmonis, Perilaku sosial yang menyendiri, Perilaku sosial yang agresif, Perilaku sosial yang dependen, dan kedua pola asuh orang tua meliputi, mendidik, melindungi, membimbing, mengajarkan tanggungjawab. Prilaku social siswa dalam pola asuh orang tua pengganti menyatakan bahwa perilaku siswa dikelas tersebut akan melakukan perilaku yang berbeda ketika berada pada mata pelajaran dan dengan guru yang berbeda, seperti halnya ketika mata pelajaran wali kelas anak tersebut terlihat berdiam, sementara dengan guru yang lain siswa lebih mencari perhatian baik dengan guru mata pelajaran ataupun teman yang ada disekitar tempat duduk siswa. Orang tua pengganti pun kurang membebaskan dan kurang bisa bergaul. Berkomunikasi jika ada sesuatu yang penting. Lebih berdiam diri Tidak pernah menceritakan masalah dilingkungan sekolah. faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku siswa dalam menyelesaikan masalah internal yang dialami siswa yakni kurang percaya diri yang dialami siswa dalam bergaul dari tinjauan guru BK siswa tersebut kurang mendapatkan perhatian dari keluarga dan sering mencari perhatian kepada lingkungan atau teman-teman siswa dan ketika siswa memiliki masalah siswa lebih menyendiri dan tidak menceritakan kepada teman, guru maupun Guru BK karena siswa menganggap dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. peran Guru BK dalam mengatasi perilaku sosial siswa di SMP Negeri 10 Samarinda yakni peran Guru BK dalam mengatasi perilakun sosial siswa melalui lima peran yakni, Peran guru bk dalam memberikan layanan informasi tentang konsep diri. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembentukan prilaku social siswa dalam pola asuh orang tua pengganti terdapat 2 indikator yaitu prilaku social dan pola asuh orang tua. Saran yang dapat diajukan kepada Bagi guru BK (Konselor), hendaknya menjalankan seluruh peran dan layanan kepada siswa agar siswa lebih terkontrol baik dalam prilaku disekolah maupun dilingkungan masyarakat lainnya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Studi Tentang Pola Asuh Orang Tua Pengganti Dalam Pembentukan Prilaku Sosial Anak di SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Octaf Aprilia Elpris - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI OCT s 2023 |
Subyek | Prilaku Sosial dalam pola asuh orang tua pengganti |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY