Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Pahlawanku Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Buku teks sebagai bahan ajar utama merupakan salah satu komponen yang diperlukan agar penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Isi buku teks juga harus sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan. Karena keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks maka diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013, agar dapat menghasilkan buku yang lebih sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesesuaian isi buku teks siswa kelas IV Sekolah Dasar Tema Pahlawanku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan?. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian isi buku teks siswa kelas IV SD tema pahlawanku terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Jenis penelitian ini adalah analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis) dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan analisis dan pencatatan secara cermat terhadap buku teks siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mendeskripsikan keadaan isi/materi, serta memberi skor (teknik skoring) pada setiap pembelajaran sesuai dengan kriteria. Adapun keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan meningkatkan ketekunan, yaitu melakukan pengecekan berulang sebanyak empat kali; dan diskusi dengan teman sejawat. Rekan sejawat yang untuk mendiskusan hasil penelitian ini sekaligus sebagai penilai adalah Hayatun Nupus, S.Pd; merupakan alumni PGSD FKIP Universitas Mulawarman angkatan 2016 yang sekarang sedang mengajar di SDN 004 Samarinda Ulu. Kemudian rekan yang kedua adalah Alfrida Appulembang, merupakan mahasiswi PGSD FKIP Universitas Mulawarman yang juga melaksanakan penelitian dengan jenis yang sama seperti peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pada buku teks siswa kelas IV Tema Pahlawanku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki tingkat kesesuaian sebesar 82,74% atau pada kategori sangat sesuai. Dengan rincian sebagai berikut: dimensi spiritual sebesar 65,28% dengan kategori sesuai, Dimensi sosial sebesar 100% dengan kategori sangat sesuai. Dimensi pengetahuan sebesar 91,90% dengan kategori sangat sesuai, Dimensi keterampilan sebesar 73,78% dengan kategori sesuai. Saran yang dapat peneliti berikan adalah diharapkan mampu memilih buku/bahan ajar yang di dalamnya memuat keempat dimensi (KI) pada kurikulum, sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan perkembangan siswa.
Kata Kunci : Kesesuaian Isi, Buku Teks, Tematik
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Pahlawanku Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
---|---|
Pengarang | Larasati Ave Maria Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI LAR a 2020 |
Subyek | Kesesuaian Isi, Buku Teks, Tematik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY