PEMETAAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA INSTRUMEN SOAL FLUIDA SMA KELAS XI
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan besar persentase kemunculan ranah kognitif pada instrumen soal berdasarkan taksonomi Bloom Revisi yang terdapat pada buku pelajaran Fisika kelas XI khususnya pada materi Fluida dengan total keseluruhan soal sebanyak 75 butir soal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, dengan instrumen penelitian berupa lembar klasifikasi yang berisi nomor soal, soal, pembahasan soal, dan jenis tingkatan kognitif taksonomi Bloom Revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). besar persentase kemunculan ranah kognitif pada dimensi proses kognitif pada masing- masing kategori yaitu mengingat (C1) 12% (9 soal), memahami (C2) 36% (27 soal), mengaplikasikan (C3) 52% (39 soal), menganalisis (C4) 0% (0 soal), mengevaluasi (C5) 0% (0 soal) dan mencipta (C6) 0% (0 soal) dan (2). besar persentase kemunculan ranah kognitif pada dimensi pengetahuan pada kategori soal faktual 20% (15 soal), soal konseptual 61,33 % (46 soal), soal prosedural- 18,67% (14 soal) dan soal metakognitif 0% (0 soal). Persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat rendah (lower order thinking skills) terbilang besar yaitu C1-konseptual 12%, C2-faktual 6,57%, C2-konseptual 25,33%, C2- prosedural 4%, C3-faktual 13,33%, C3-konseptual 24%, dan C3- prosedural 14,67%, sedangkan pada kategori soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) yaitu C4-faktual sampai C6-metakognitif tidak ditemukan. Sehingga, persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi masih belum ditemukan dan masih perlu dimunculkan.
Kata Kunci : Ranah Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi, Instrumen Soal
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PEMETAAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA INSTRUMEN SOAL FLUIDA SMA KELAS XI |
---|---|
Pengarang | WINI SEPTIANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WIN p 2020 |
Subyek | Ranah Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi, Instrumen |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY