Penerapan Model Pembelajaran Area Seni Melalui Gerak Tari Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Rimba 2 Samarinda
Della Aprilla, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Area Seni Melalui Gerak Tari Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Rimba 2 Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan oleh Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si selaku Pembimbing 1 dan Dr. H. Budi Rahardjo, M.S selaku Pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) peran guru seni tari dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Rimba2 Samarinda, (2) menganalisis penerapan guru seni gerak tari dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik dan kecederdasan musikal anak usia 5-6 tahun, dan (3) menganalisis perkembangan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan kegiatan seni gerak tari di TK Tunas Rimba 2 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dan perekaman data pada penelitian ini melalui: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan model interactive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru seni gerak tari dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan musikal anak telah menunjukkan hasil yang baik dan sesuai, (2) proses penerapan gerak tari yang dilakukan guru kepada anak didik sudah dilaksanakan dengan baik dan menunjukkan hasil yang baik, dan (3) perkembangan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan kegiatan gerak tari berkembang sesuai harapan dan sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan musikal anak. Seperti anak mampu bergerak sesuai dengan irama lagu yang dinyanyikan. Berdasarkan uraian hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran seni gerak tari dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik dan kecerdasan musikal terlaksana dengan baik dan sesuai dengan indikator pencapaian guru dan anak.
Kata Kunci : Seni Gerak Tari, Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Musikal
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Model Pembelajaran Area Seni Melalui Gerak Tari Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Rimba 2 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Della Aprilla - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEL p 2020 |
Subyek | Seni Tari, Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Musik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY