Detail Cantuman Kembali
ARIF RACHMAT - Personal Name

ANALISIS BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL SERTA TINGKAT KEJENUHAN KERJA PADA OPERATOR PAINTING (STUDI KASUS PT BUKAKA TEKNIK UTAMA Tbk BALIKPAPAN)

PT Bukaka Teknik Utama Tbk Balikpapan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang rancang–bangun rekayasa, konstruksi, manufaktur, bidang energi, transportasi, telekomunikasi, dan operasi serta kegiatan instalasi serta pemeliharaan. Salah satu kegiatan yang ada di workshop PT Bukaka Teknik Utama Tbk Balikpapan adalah painting. Pada operator painting kejenuhan kerja (burnout) terjadi dikarenakan pekerjaan berlebih yang di terima oleh operator painting dari atasan serta waktu kerja yang singkat untuk menyelesaikan pekerjaan. Kondisi lantai produksi saat ini tidak beraturan dan kotor membuat operator painting menjadi tidak nyaman dan jenuh ketika bekerja. Metode %CVL digunakan untuk menganalisis beban kerja fisik, metode NASATLX digunakan untuk menganalisis beban kerja mental, serta metode MBI (Maslach Burnout Inventory) digunakan untuk menganalisis tingkat kejenuhan kerja. Hasil beban kerja fisik yang diperoleh dari nilai rata-rata beban kerja fisik seluruh operator painting selama 5 hari yaitu 12,52% yang berarti termasuk dalam kategori ringan. Hasil beban kerja mental yang diperoleh dari nilai rata-rata skor beban kerja mental operator painting selama 5 hari yaitu 76,4 yang berarti bahwa hasil skor rata-rata beban kerja mental operator berada dalam kategori tinggi. Hasil tingkat kejenuhan kerja yang diperoleh oleh masing-masing operator painting PT Bukaka Teknik Utama Tbk Balikpapan yaitu, pada aspek kelelahan emosional seluruh operator memiliki nilai skor tingkat kejenuhan kerja operator painting berada pada skor 0-16 yang artinya rendah, pada aspek kehilangan rasa empati seluruh operator memiliki nilai tingkat kejenuhan kerja operator painting berada pada skor 0-18 yang artinya rendah, pada aspek kurang menghargai diri sendiri seluruh operator memiliki nilai skor tingkat kejenuhan kerja operator painting berada pada skor 0-30 yang artinya rendah. Rekomendasi usulan perbaikan yang dapat diberikan adalah memberikan asupan nutrisi atau gizi tambahan saat istirahat pendek berlangsung seperti kudapan, makanan ringan, susu, telur dan lain-lain agar berdampak pada kebugaran operator sehingga dapat turut mengurangi potensi kelelahan kerja dan beban kerja fisik pada operator.
Kata kunci: Operator Painting, %CVL, NASA-TLX, Maslach Burnout Inventory

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL SERTA TINGKAT KEJENUHAN KERJA PADA OPERATOR PAINTING (STUDI KASUS PT BUKAKA TEKNIK UTAMA Tbk BALIKPAPAN)
Pengarang ARIF RACHMAT - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARI a 2020
Subyek Beban Kerja
Operator Painting, %CVL, NASA-TLX
Maslach Burnout Inventory
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua