Detail Cantuman Kembali
EKA KASMI FITRIANI - Personal Name

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI LADA (Piper nigrum Linn) DI DESA BATUAH KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK

EKA KASMI FITRIANI. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2015. Analisis Pendapatan Usahatani Lada (Piper nigrum Linn) di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (di bawah bimbingan Ndan Imang dan Nella Naomi Duakaju).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya produksi, pendapatan, dan oengaruh biaya produksi terhadap pendapatan di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara dari bulan Juli sampai dengan bulan September 2014. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Acak Berstratifikasi sebanyak 42 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda.
Hasil analisis menunjukan rata-rata pendapatan yang diperoleh dari usahatani lada pada musim tanam tahun 2014 adalah sebesar Rp 4.584.929.357,00 tahun-1 dengan rata-rata Rp. 109.164.985,00 responden-1 tahun-1. Biaya Produksi dalam usahatani lada adalah Rp. 636.070.643,00 tahun-1 dengan rata-rata Rp.15.144.539,00 responden-1 tahun-1. Berdasarkan hasil uji-F melalui tabel sidik ragam bahwa F_hitung sebesar 30,011 >F_tabel 1,75. Hal ini berarti biaya produksi secara simultan berpengaruh nyata terhadap pendapatan. Berdasarkan uji-t ada beberapa variabel yang berpengaruh terhadap pendapatan dengan hasil analisis (t_hitung 〖>t〗_tabel).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI LADA (Piper nigrum Linn) DI DESA BATUAH KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang EKA KASMI FITRIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua