Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta BPJS dan Non BPJS di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat
Muslik, Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta BPJS dan non BPJS di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat, di bawah Bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, S.Sos. M.Si dan Ibu Dr. Santi Rande, S.Sos. M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS dan non BPJS yang diberikan oleh petugas kesehatan di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat, serta untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian untuk kualitas pelayanan kesehatan meliputi: kompetensi teknik, keterjangkauan atau akses layanan kesehatan, keamanan, kenyamanan, informasi dan ketepatan waktu, dan faktor penghambat pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS dan non BPJS di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS dan non BPJS di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat secara umum masih kurang baik, yang dikarenakan masih terdapat sejumlah penghambat dan adanya perbedaan pemberian pelayanan kesehatan terhadap pasien BPJS. Faktor penghambat kualitas pelayanan di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat, antara lain kurangnya jumlah tenaga kesehatan, masih rendahnya kedisiplinan petugas pelayanan terhadap jam dinas, serta masih terbatasnya ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama (primer).
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, pelayanan kesehatan, BPJS, Non BPJS, Puskesmas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta BPJS dan Non BPJS di UPT. Puskesmas Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat |
---|---|
Pengarang | Muslik - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI Muslik 2020 |
Subyek | Kualitas pelayanan, pelayanan kesehatan, BPJS, Non Non BPJS, Puskesmas |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Publik |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY