EFEKTIVITAS LAYANAN PENGADUAN DALAM MENINGKATKAN RESPONSIBILITAS SAMSAT INDUK DI KOTA SAMARINDA
Ramadani 1402015131 Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Efektivitas Layanan Pengaduan Dalam Meningkatkan Responsibilitas Samsat Induk di Kota Samarinda di bawah Bimbingan Bapak Dr. Farhanudin Jamanie, M.Si dan Bapak Dr.Enos Paselle, M.AP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas penyediaan fasilitas layanan pengaduan dalam meningkatkan responsibilitas Samsat Induk di Kota Samarinda, dan untuk mengindentifikasi faktor penghambat Efektivitas Penyediaan Fasilitas Layanan Pengaduan dalam Meningkatkan Responsibilitas Samsat Induk di Kota Samarinda.
Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Sumber data primer melalui key informan yaitu, Kepala Administrasi Pelayanan, Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan dan wajib pajak sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan dari observasi, wawancara dan penelitian dokumen. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah data model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman serta Johnny Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas layanan pengaduan dalam meningkatkan responsibilitas masih sangat kurang baik, terkait layanan Public Complain yang telah berjalan saat ini belum menujukkan hasil yang maksimal karena adanya ketidaksinambungan antara penerapan program dengan keluhan dan kritik wajib pajak serta belum mampu menjadi penghubung antara kebutuhan masyarakat mengenai pengurusan pajak dengan relasi pelayanan, pengelolaannya belum memberikan hasil yang memuaskan sebagai program penunjang peningkatan dan bahan evaluasi kerja dalam memberikan layanan langsung kepada para wajib pajak, beberapa produk Public Complain yang telah dikembangkan dalam urusan pelayanan pajak belum memberikan kontribusi yang efektif, serta hambatannya pada kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Samsat Induk kota Samarinda serta minimnya keikutsertaan para wajib pajak Sehingga dapat di simpulkan bahwa tingkat responsibilitas sangat kurang baik dikarenakan dalam pengelolaan fasilitas layanan pengaduan yang tidak efektif.
Kata kunci: Layanan Pengaduan,Responsibilitas, Layanan Samsat
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS LAYANAN PENGADUAN DALAM MENINGKATKAN RESPONSIBILITAS SAMSAT INDUK DI KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Ramadani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAM e 2020 |
Subyek | Layanan Pengaduan,Responsibilitas, Layanan Samsat |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Administrasi Publik |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY