Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD ANSARI - Personal Name

PENGARUH WAKTU PENYEMPROTAN HERBISIDA KONTAK PARAQUAT DIKLORIDA TERHADAP TINGKAT KEMATIAN ALANG-ALANG (Imperata cylindrica (L) Beauv.)

ABSTRAK



Muhammad Ansari. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2015. Pengaruh Waktu Penyemprotan Herbisida Kontak Paraquat Diklorida Terhadap Tingkat Kematian Alang-Alang (Imperata cylindrica (L) Beauv.) (Di bawah bimbingan H. M. Alexander Mirza dan E.Akhmad Syaifudin)

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui persentase kematian gulma alang-alang dengan aplikasi waktu yang berbeda dan untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengendalikan alang-alang dengan penggunaan herbisida kontak paraquat diklorida.
Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan Februari s/d April
2015, terhitung sejak persiapan hingga pengambilan data terakhir, bertempat di Jl. Am Idris RT 5 Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Dengan perlakuan pertama tanpa penyemprotan (kontrol) hari cerah, perlakuan kedua pada pagi hari (08.00-09.00) hari cerah, perlakuan ketiga pada siang hari (12.00-13.00) hari cerah, dan perlakuan keempat pada sore hari (16.00-17.00) hari cerah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa waktu efektif untuk penyemprotan herbisida kontak paraquat diklorida berpengaruh nyata terhadap rata-rata persentase kematian gulma 6 hari setelah aplikasi, rata-rata persentase pertumbuhan kembali (regenerasi) waktu penyemprotan berbeda. Kontak paraquat diklroda untuk memperoleh hasil terbaik terhadap kematian gulma alang-alang adalah pada pagi hari (08.00-09.00). Karena pada pagi hari masih ada proses fotosintesis sehingga pengaruh herbisida kontak paraquat diklorida sangat efektif, sehingga gulma alang-alang yang diberi herbisida akan mengalami kematian.


Kata kunci: Alang-alang, herbisida paraquat diklorida

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH WAKTU PENYEMPROTAN HERBISIDA KONTAK PARAQUAT DIKLORIDA TERHADAP TINGKAT KEMATIAN ALANG-ALANG (Imperata cylindrica (L) Beauv.)
Pengarang MUHAMMAD ANSARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua