Detail Cantuman Kembali
Wisdalia - Personal Name

ANALISIS BUKU TEMATIK SISWA KELAS IV TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI REVISI 2017 PADA MUATAN IPA DITINJAU DARI ASPEK LITERASI SAINS

Pada kurikulum 2013, buku yang diterbitkan kementrian pendidikan dan kebudayaan dijadikan sebagai acuan pembelajaran tanpa terkecuali. Kegiatan pembelajaran juga dibuat terpadu sehingga setiap muatan pelajaran seperti IPA dibuat tematik dengan muatan pelajaran lainnya seperti IPS, PPKn, Bahasa Indonesia dan SBdP dalam satu tema tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana aspek literasi sains pada buku tematik siswa kelas IV tema 2 selalu berhemat energi revisi 2017 pada muatan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai aspek literasi sains yang mencakup aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, sains sebagai jalan untuk menyelidiki, sains sebagai cara berpikir dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat dalam buku tematik siswa kelas IV tema 2 selalu berhemat energi revisi 2017 pada muatan IPA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2020. Subjek penelitian ini adalah buku tematik siswa kelas IV tema 2 Selalu Berhemat Energi revisi 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis isi. Intrumen yang digunakan berupa lembar indikator analisis literasi sains dan check list.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa literasi sains pada buku tematik siswa kelas IV tema 2 “Selalu Berhemat Energi” sudah menyajikan semua aspek literasi sains, namun dengan proporsi yang tidak seimbang mengingat proporsi kemunculan aspek literasi sains dalam buku tematik dapat dikatakan seimbang apabila perbedaan persentase kemunculan masing-masing indikator literasi sains tidak terlalu signifikan. Hasil analisis menunjukkan persentase pada aspek literasi sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan sebesar 35,3% (kategori rendah), sains sebagai jalan menyelidiki sebesar 34,3% (kategori rendah), sains sebagai cara untuk berpikir sebesar 20,6% (kategori sangat rendah) dan aspek interaksi sains teknologi dan masyarakat sebesar 9,8% (kategori sangat rendah). Dapat disimpulkan bahwa buku tematik siswa kelas IV tema 2 “Selalu Berhemat Energi” revisi 2017 yang dianalisis sudah merefleksikan literasi sains secara utuh.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS BUKU TEMATIK SISWA KELAS IV TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI REVISI 2017 PADA MUATAN IPA DITINJAU DARI ASPEK LITERASI SAINS
Pengarang Wisdalia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WIS a 2020
Subyek Buku Tematik Siswa, Berhemat Energi, Muatan IPA
Literasi Sains
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua