Detail Cantuman Kembali
Karmelia - Personal Name

Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Buku Siswa Kelas III Tema Kewajiban dan Hakku

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak penelitian yang menemukan bahwa perilaku siswa SD saat ini banyak yang menyimpang, seperti sikap kurang hormat kepada orang dewasa, menyontek, bullying yang sering terjadi dengan mengucilkan kelemahan orang lain, serta masalah lainnya dikalangan siswa SD. Untuk mengetahui nilai-nilai karakter pada buku teks yang digunakan pada pembelajaran kurikulum 2013, diperlukan suatu analisis terhadap nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku siswa Kelas III Tema Kewajiban dan Hakku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Muatan nilai-nilai karakter dan (2) Kesesuaian nilai-nilai karakter antara buku guru dan buku siswa kelas III tema kewajiban dan hakku. Jenis penelitian ini adalah analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa nilai-nilai karakter pada buku siswa dan sumber data berupa buku siswa kelas III tema kewajiban dan hakku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, dan narting. Berdasarkan analisis dan pembahasan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa terdapat 78 nilai karakter yang terdiri dari nilai karakter percaya diri, nilai karakter disiplin, nilai karakter tanggung jawab, nilai karakter santun, nilai karakter peduli, nilai karakter religius, nilai karakter nasionalsme, nilai karakter mandiri, nilai karakter gotong royong dan nilai karakter integritas. Adapun rincian jumlah setiap karakter yang ditemukan tersebut antara lain yaitu: nilai karakter percaya diri sebanyak 3.8% , nilai karakter disiplin sebanyak 6.4%, nilai karakter tanggung jawab sebanyak 15.4%, nilai karakter santun sebanyak 18%, nilai karakter peduli sebanyak 20.5%, nilai karakter religius sebanyak 14.1%, nilai karakter nasionalisme sebanyak 6.4%, nilai karakter mandiri sebanyak 3.8%, nilai karakter gotong royong sebanyak 10.3%, dan 1.3% nilai karakter integritas. Frekuensi munculnya nilai-nilai karakter tersebut tidak merata, bergantung pada fokus pengembangan karakter dari buku siswa tema kewajiban dan hakku.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Buku Teks, Sekolah Dasar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Buku Siswa Kelas III Tema Kewajiban dan Hakku
Pengarang Karmelia - Personal Name
No. Panggil SKIPSI KAR a 2020
Subyek Analisis Buku Tematik
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Buku Teks, Sekola
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua