Detail Cantuman Kembali
Indah Farida - Personal Name

Kemampuan Pembelajaran Menulis Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020

Indah Farida, 2020. Kemampuan Pembelajaran Menulis Deskripsi Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd dan Pembimbing II Rury Muslifar, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan, Pembelajaran Menulis Deskripsi, Media Gambar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kemampuan pembelajaran menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020?”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pembelajaran menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 008 Samarinda Ulu yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian analisis tes kemampuan menulis karangan deskripsi menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 75.8 dengan skor tertinggi 85 dan skor terendah 65. Terdapat 22 siswa sudah mencapai nilai KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 75. Sedangkan terdapat 10 siswa yang belum mencapai nilai KKM. Kelebihan siswa dalam menulis karangan deskripsi terletak pada aspek penulisan judul, penggunaan ejaan serta tanda baca, penggunaan diksi serta kalimat dan kemampuan menuliskan informasi baru. Sedangkan kelemahan siswa terletak pada aspek keterbacaan, kerapihan serta kebersihan tulisan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV-B sudah mampu menulis deskripsi melalui media gambar dengan kategori baik. Guru diharapkan menggunakan metode pembelajaran menulis sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa, serta menggunakan media pembelajaran dengan kreasi yang berbeda agar dapat menarik perhatian siswa dan menigkatkan pembelajaran khususnya pembelajaran menulis deskripsi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kemampuan Pembelajaran Menulis Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang Indah Farida - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND k 2020
Subyek Kemampuan, Pembelajaran Menulis Deskripsi, Media G
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua