Detail Cantuman Kembali
Sri Muji Pratiwi - Personal Name

Uji Efektivitas Jamur Antagonia dalam Pengendalian Jamur Colletotrichum sp. pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum) secara In Vitro

Penelitian ini dilakukan untuk menguji efektifitas beberapa jamur antagonis (Trichoderma sp.,Penicillium sp., Gliocladium sp., dan Rhizopus sp) dalam pengendalian jamur patogen Colletotrichum pada tanaman tomat (Lycopersicon esculentum L.). secara in vitro. Penelitian dilaksanakan selama 2 (dua) bulan di Laboratorium Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan Gedung Laboratorium Terpadu Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 (empat) pelakuan yaitu Trichoderma sp., Penicillium sp., Gliocladium sp., dan Rhizopus sp. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 10 kali. Analisis data menggunakan Uji Keragaman dan bila diperoleh hasil berbeda nyata maka diuji lebih lanjut menggunakan Beda Nyata Terkecil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jamur antagonis yang paling efektif menekan pertumbuhan patogen Colletotrichum sp. adalah Gliocladium sp. dan Trichoderma sp., sementara itu jamur antagonis Rhizopus sp., yang kurang efektif dalam menekan pertumbuhan jamur Colletotrichum sp., dan jamur Penicillium sp., merupakan jamur yang paling tidak efektif dalam menekan pertumbuhan patogen Colletotrichum sp.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Efektivitas Jamur Antagonia dalam Pengendalian Jamur Colletotrichum sp. pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum) secara In Vitro
Pengarang Sri Muji Pratiwi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SRI u 2020
Subyek Trichoderma sp, Penicillium sp, Gliocladium sp, da
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua