Detail Cantuman Kembali
Yustina Anggraini - Personal Name

Jenis-Jenis Tumbuhan Sebagai Bahan Makanan Dan Obat-Obatan Pada Munan Lou Di Kampung Benung Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat

Yustina Anggraini. Jenis-jenis Tumbuhan Sebagai Bahan Makanan dan Obat-Obatan Pada Munan Lou di Kampung Benung Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat (Dibimbing oleh Paulus Matius dan Hastaniah).
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kearifan lokal dalam pengelolaan dan pemanfaatan tumbuhan sebagai bahan makanan dan obat-obatan serta menginventarisasi jenis-jenis bagian-bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode purposive sampling yang bertujuan untuk pemilihan responden kemudian dilakukan wawancara tersruktur dan bebas, serta pengamatan langsung kemudian menganalisis data dengan cara menghitung kerapatan dan basal area.
Pada beberapa penelitian yang dilakukan banyak sekali manfaat dari tumbuhan-tumbuhan, baik itu sebagai bahan makanan, bahan bangunan, kerajinan tangan, maupun sebagai obat-obatan tradisional. Pemanfaatan tumbuh-tumbuhan oleh masyarakat lokal merupakan pengetahuan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hasil dari penelitian ini ditemukan 243 individu dari 53 jenis pepohonan dari 17 famili. Selanjutnya, setelah dilakukan pengolahan data didapatkan sebanyak 29 jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan sertaobat-obatan.
Kata Kunci : Lembo, Purposive Sampling, Tumbuhan Obat dan Tumbuhan Pangan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Jenis-Jenis Tumbuhan Sebagai Bahan Makanan Dan Obat-Obatan Pada Munan Lou Di Kampung Benung Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat
Pengarang Yustina Anggraini - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUS j 2020
Subyek Lembo, purposive sampling, Tumbuhan obat dan Tumbu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua