Detail Cantuman Kembali
Amin Susanto - Personal Name

Studi Pemanfaatan Internet Oleh Petani dan Kelompok Tani di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda

AMIN SUSANTO. Studi Pemanfaatan Internet oleh Petani dan Kelompok Tani di Kelurahan Simpang Tiga Kota Samarinda. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2020. (dibawah bimbingan Karmini dan Firda Juita).
Internet merupakan salah satu cara untuk memanfaatkan teknologi informasi yang digunakan untuk inovasi pertanian yang bertujuan memberikan peluang bagi petani dalam mengakses informasi tentang komoditas pertanian. Layanan berbasis internet diperlukan petani agar petani tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi tentang komoditas pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik petani pengguna internet, tingkat pemanfaatan internet sebagai sumber informasi pertanian, dan perbandingan penggunaan internet antar kelompok tani di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2020 di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda. Metode penentuan sampel diambil dengan menggunakan metode proporsional random sampling. Jumlah sampel yang diambil 36 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode skoring dan Chi Square One Sampel untuk menentukan tingkat pemanfaatan internet sedangkan untuk menentukan perbandingan penggunaan internet menggunakan analisis uji Kruskal-Wallis.
Hasil Penelitian ini menunjukkan karakteristik petani pengguna internet antara lain mayoritas berada pada umur produktif yaitu 15-64 tahun, menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas, memiliki pendapatan antara Rp1,00 juta-3,00 juta per bulan, memiliki 4-5 orang tanggungan keluarga , memiliki pengalam 1-19 tahun, dan memiliki lahan seluas 0,25-0,50 ha. Tingkat pemanafaatan internet oleh petani masih rendah dengan skor interval kurang dari 50,00. Internet digunakan untuk mengakses informasi di bidang subsistem input, budidaya, hasil, pemasaran, dan penunjang. Terdapat perbedaan pemanfaatan internet oleh petani di Kelurahan Simpang Tiga berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Chi-Square. Tidak ada perbedaan penggunaan internet antar kelompok tani di Kelurahan Simpang Tiga berdasarkan hasil analisis data pada test Kruskal-Wallis.
Pemanfaatan internet oleh petani dan kelompok tani di wilayah penelitian hanya 50% dari total responden yang ada. Keterbatasan dana, akses internet, alat komunikasi dan pengetahuan mengakibatkan responden belum memanfaatkan internet secara baik.
Kata kunci : Pemanfaatan, Internet, Petani, Kelompok Tani, Simpang Tiga.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Pemanfaatan Internet Oleh Petani dan Kelompok Tani di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda
Pengarang Amin Susanto - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AMI s 2020
Subyek Pemanfaatan, Internet, Petani, Kelompok Tani, Simp
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua