PENGARUH KREATIVITAS DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS LABBAIKA DAN MTS AL MUJAHIDIN 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Rahimah, 2020. Pengaruh Kreativitas dan Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Labbaika dan MTs Al Mujahidin 2 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd dan (II) Dr. Sugeng, M.Pd
Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Labbaika dan MTs Al Mujahidin 2 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini kreativitas (X1) dan percaya diri (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika (Y) sebagai variabel terikat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Labbaika dan MTs Al Mujahidin 2 Samarinda yang berjumlah 227 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling, pada penelitian ini menggunakan 65,5% sampel dari jumlah populasi, yaitu 149 siswa dari anggota populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data kreativitas dan percaya diri siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar matematika. Sebelum penelitian dilaksanakan, instrumen terlebih dahulu diujicoba pada siswa kelas VIIIA MTs Labbaika yang berjumlah 28 siswa.
Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif diperoleh bahwa skor kreativitas dan percaya diri masing-masing termasuk kategori sedang, dan rata-rata skor hasil belajar matematika adalah 46,35 termasuk kategori rendah. Hasil perhitungan uji asumsi diperoleh data berdistribusi normal, data bersifat homogen, model hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat adalah linier, dan tidak terjadi multikolinieritas antara kedua variabel bebas. Adapun analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh nilai konstanta sebesar 0,708; nilai koefisien regresi kreativitas sebesar 0,406; dan nilai koefisien regresi percaya diri sebesar 0,319. Selain itu, diperoleh nilai Fhitung sebesar 18,24; nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,200 yang menunjukkan bahwa 20% model regresi dugaan dapat menjelaskan pengaruh kreativitas dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, nilai thitung kreativitas sebesar 2,924 dan nilai thitung percaya diri sebesar 2,596. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka ditemukan bahwa terdapat pengaruh kreativitas dan percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Labbaika dan MTs Al Mujahidin 2 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci : kreativitas, percaya diri, hasil belajar matematika.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KREATIVITAS DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS LABBAIKA DAN MTS AL MUJAHIDIN 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | RAHIMAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAH p 2020 |
Subyek | kreativitas, percaya diri, hasil belajar matematik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY