Detail Cantuman Kembali
JOSUA RINALDO - Personal Name

IDENTIFIKASI MIKROBA PADA DAERAH RIZOSFER TANAMAN PISANG MULI ( Musa acuminata L. ) DI TELUK DALAM KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

JOSUA RINALDO. Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Identifikasi Mikroba Rizosfer Pada Tanaman Pisang Muli Di Teluk Dalam Kabupaten Kutai Kartanegara (Di bawah Bimbingan Sofian dan Sopialena).

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi mikroba rizosfer pada tanaman pisang muli yang tumbuh didaerah rizosfer. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 hingga Mei 2020 di Laboratorium Hama Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Penelitian ini dilakukan dengan survei pada lahan tanaman pisang muli untuk pengumpulan informasi meliputi penentuan lokasi penelitian dan tempat pengambilan sampel tanah. Dalam penelitian ini pengambilan sampel tanah dilakukan pada lahan tanaman pisang muli dengan menggunakan pola diagonal/zig-zag di Kebun Percobaan Teluk Dalam Kabupaten Kutai Kartanegara. Sampel diambil dengan pengeboran tanah dengan kedalaman 10 cm, dengan jarak lubang dari tanaman 10 cm. Diambil 4 titik sampel dari masing-masing pohon pisang, kemudian setiap titik sampel yang telah di ambil dikomposit, jadi seluruh sampel berjumlah berjumlah 9 sampel. Kemudian dimasukan ke dalam kantong plastik klip dan diberi label. Sampel tanah tersebut dibawa ke laboratorium.
Hasil penelitian mikroa rizosfer tanaman pisang muli yang tumbuh di daerah Teluk Dalam Kabupaten Kutai Kartanegara memperoleh 8 jenis mikroba yaitu jamur Aspergillus niger, Penicillium sp., Aspergillus flavus, Colletotrichum sp., dan Bakteri Bacillus sp., Nematoda Rotylenchulus sp., Dorylaimus sp., Helicotylenchus sp.

Kata Kunci: Identifikasi, Tanaman pisang muli, Mikroba, Morfologi, Rizosfer

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI MIKROBA PADA DAERAH RIZOSFER TANAMAN PISANG MULI ( Musa acuminata L. ) DI TELUK DALAM KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang JOSUA RINALDO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JOS i 2020
Subyek Mikroba, Morfologi, Rizosfer
Identifikasi, Tanaman pisang muli
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua