ANALISIS RANAH KOGNITIF SOAL LATIHAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA BUKU FISIKA KELAS X (STUDI PADA BUKU KARYA NI KETUT LASMI)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar persentase kemunculan ranah kognitif pada soal latihan berdasarkan taksonomi Bloom Revisi yang terdapat pada buku pelajaran Fisika kelas X karya Ni Ketut Lasmi khususnya pada materi Vektor, Gerak Lurus dan Gerak Parabola dengan total soal sebanyak 172 butir soal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar klasifikasi yang berisi nomor soal, soal, pembahasan soal, dan jenis ranah kognitif dari taksonomi Bloom revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat rendah (lower order thinking skills) terbilang besar yaitu C1-konseptual 2,9%, C2-konseptual 5,2%, C3-konseptual 0,6%, dan C3-prosedural 66,9%, sedangkan pada kategori soal yang mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) persentase tertinggi terdapat pada kategori soal C4-prosedural sebesar 23,8% dan untuk C4-konseptual hanya 0,6%. Selain tingkatan soal di atas, maka persentase kemunculan tingkat soal lainnya sebesar 0%. Sehingga, persentase kemunculan soal yang mengembangkan keterampilan tingkat tinggi masih rendah dan masih perlu ditingkatkan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS RANAH KOGNITIF SOAL LATIHAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA BUKU FISIKA KELAS X (STUDI PADA BUKU KARYA NI KETUT LASMI) |
---|---|
Pengarang | ERNIYANTI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ERN a 2020 |
Subyek | Analisis Ranah Kognitif Ranah Kognitif Soal Latihan Fisika Buku Fisika Kelas X Taksonomi Bloom Revisi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY