Detail Cantuman Kembali
Annisa Tanjung - Personal Name

Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kelas V Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kurikulum 2013

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks selain itu buku teks sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dan dimensi pengetahuan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)?. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kelayakan isi buku teks siswa berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dan dimensi pengetahuan yang di tetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian adalah analisis isi (content analysis) atau analisis dokumen (documentary analysis). Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks siswa SD kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi dokumenter (documentary study). Instrumen penelitian menggunakan analisis data yang terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku teks kelas V SD/MI tema Organ Gerak Manusia dan Hewan yang terdiri dari buku siswa terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Sumber data sekunder ini berupa artikel-artikel, majalah ataupun buku-buku yang terkait dengan kurikulum 2013. Teknik analisis datanya menggunakan cara mendiskripsikan isi atau materi, memberikan catatan, dan menghitung persentase dari tiap aspek dengan teknik skoring.
Dari hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku teks siswa kelas V SD/MI Tema Organ Gerak Manusia dan Hewan Kurikulum 2013 Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai nilai persentase 72,9% dalam standar layak. Perolehan skor kelayakan pada setiap dimensi yaitu dimensi spiritual dengan nilai persentase 50% dalam standar kurang layak, dimensi sosial dengan nilai persentase 75% dalam standar layak, dan dimensi pengetahuan dengan nilai persentase 93,7% dalam standar sangat layak.
Kata Kunci: Analisis Isi, Buku Teks, Kurikulum 2013.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Kelas V Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kurikulum 2013
Pengarang Annisa Tanjung - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANN a 2020
Subyek Analisis Isi Buku Teks Kurikulum 2013
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua