PENINGKATAN KINERJA GURU IPA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR PROSES MELALUI PENDAMPINGAN SEJAWAT (PEER COACHING)
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru mata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menerapkan Standar Proses sebagai bagian dari Standar Nasional Pendidikan melalui Program Pendampingan MGMP MKKS dengan menerapkan model Peer Coaching. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendidikan Kab. Kutai Barat yang melibatkan 10 orang guru dari lima sekolah menengah pertama yang tergabung dalam kegiatan MGMP MKKS IPA Guru di Kab. Kutai Barat. Pelaksanaan peer coaching dilaksanakan di lima SMP: SMP Negeri 1 Bongan, SMP Negeri 2 Jempang, SMP Negeri 2 Muara Pahu, SMP Negeri 4 Sendawar, dan SMP Negeri 1 Sendawar. Penelitian ini menggunakan pendekatan action research. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang dikombinasikan dengan model peer coaching yang dikembangkan oleh Ng Pak Tee. Hasil penelitian ini adalah: Penerapan peer coaching dapat meningkatkan kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dalam proses pembelajaran, program peer coaching akan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa.
Kata kunci: peningkatan kinerja, proses standar, peer coaching.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KINERJA GURU IPA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR PROSES MELALUI PENDAMPINGAN SEJAWAT (PEER COACHING) |
---|---|
Pengarang | MUSLIKIN - Personal Name |
No. Panggil | TESIS MUS p 2020 |
Subyek | peningkatan kinerja, proses standar, peer coaching |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Keguruan biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY