Analisis Kesesuaian Isi Buku Guru dan Buku Siswa Tema III Makanan Sehat Subtema I Bagaimana Tubuh Mengelolah Makanan Kelas V Sekolah Dasar Tahun Pembelajaran 2020/2021
penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesesuaian isi KI dan KD pada buku guru ditinjau dari permendikbud nomor 24 tahun 2016, 2) kesesuaian isi materi buku guru dan buku siswa, dan melihat kedalaman materi. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian analisis isi. teknikmpengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi instrumen yang digunakan berupa rating scale (skala penilaian) dan check list. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kesesuaian materi dengan KI 3 masing-masing muatan mendapatkan presentase Bahasa Indonesia 60 %, IPA 37%, PPkn 30%, IPS 20%, dan SBdP 23,3%. untuk KI 4 kesesuaiannya mendapatkan presentase masing-masing muatan Bahasa Indonesia 73,3%, IPA 30%, PPkn 37%, IPS 20%, dan SBdP 37%. 4) kesesuaian materi dengan KD 3 masing-masing muatan mendapatkan presentase Bahasa Indonesia 93,3%, IPA 50%, PPkn 43,3%, IPS 27%, SBdP 23,3 %. untuk KD 4 kesesuaianya mendapatkan presentase muatan Bahasa Indonesia 73,3%, IPA 50%, PPkn 37%, IPS 20%, SBdP 37%. 5).untuk kesesuaian kedalaman materi mendapatkan presentase sebesar 63,3 % dan masuk dalam kriteria cukup sesuai Tetapi masih ada beberapa materi kurang mendalam dan sebaiknya guru memberikan tambahan ulasan materi.
Kata Kunci : Analisis Buku, Kesesuaian materi, Kedalaman Materi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kesesuaian Isi Buku Guru dan Buku Siswa Tema III Makanan Sehat Subtema I Bagaimana Tubuh Mengelolah Makanan Kelas V Sekolah Dasar Tahun Pembelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Ari Marlinda Sari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARI a 2020 |
Subyek | Analisis Buku, Kesesuaian Materi, Kedalaman Materi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY