Detail Cantuman Kembali
Muhammad Rizaldi - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 010 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Muhammad Rizaldi, 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA materi Perubahan Wujud Benda dengan Model Pembelajaran Make a Match pada Siswa Kelas V SDN 010 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020. Skripsi dibimbing oleh (I) Sukriadi, S.Pd., M.Pd. dan (2) Muhlis, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Perubahan Wujud Benda, Make a Match.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 010 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda dengan model make a match pada siswa kelas V SDN 010 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020?. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda dengan model make a match pada siswa kelas V SDN 010 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Februari 2020 s/d 14 Februari 2020 di SDN 010 Samarinda Ulu dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian adalah hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda dengan model Make a Match. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan nilai rata-rata, dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh rata-rata kelas 55,35 dengan persentase ketuntasan 28,57% predikat Kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 26.6% dari nilai dasar pada pra siklus, dengan rata-rata klasikal 69,78 dengan persentase ketuntasan 57,14% predikat Kurang. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 49,16% dari nilai dasar pada pra siklus, dengan jumlah siswa yang tuntas 26 orang dan siswa yang tidak tuntas 2 orang. Dengan rata-rata klasikal 82,57 dengan persentase ketuntasan 92,86% predikat Baik. Indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 75% tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda menggunakan model pembelajaran Make a Match pada siswa kelas V SD Negeri 010 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2019/2020

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 010 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Pengarang Muhammad Rizaldi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2020
Subyek Hasil Belajar IPA, Perubahan Wujud Benda
Make a Match.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua