Detail Cantuman Kembali
I MADE DIAN SAMUDRA - Personal Name

PENGARUH PERBANDINGAN EKSTRAK DAUN ALPUKAT (Persea americana Miller) DAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc.) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK SENSORIS DAN ANTIOKSIDAN MINUMAN SERBUK INSTAN

I Made Dian Samudra. Pengaruh Perbandingan Ekstrak daun Alpukat (Persea americana Miller) dan Ekstrak Jahe Merah (Zingiber officinale Rosc.) Terhadap Karakteristik Fisik Sensoris dan Antioksidan Minuman Serbuk Instan. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman 2020 (Dibawah bimbingan Aswita Emmawati dan Hudaida Syahrumsyah).
Minuman serbuk instan merupakan produk olahan pangan yang berbentuk serbuk, mudah larut air, praktis dalam penyajian dan memiliki daya simpan yang lama karena kadar airnya yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh formulasi ekstrak daun alpukat dan ekstrak jahe merah terhadap karaktristik fisik sensoris dan antioksidan minuman serbuk instan Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak langkap (RAL) dengan 1 perlakuan dengan 6 taraf dan kali ulangan, yaitu formulasi ekstrak daun alpukat dan ekstrak jahe merah (100:0, 90:10, 80:20, 70:30, 60:40, 50:50).
Data analisis menggunakan sidik ragam (ANOVA), jika pada ujian terdapat pengaruh nyata pada perlakuan maka akan dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf 5%.
Penelitian ini menunjukan bahwa formulasi ekstrak daun alpukat dan ekstrak jahe merah berbeda nyata terhadap kadar air, kadar abu, kecepatan kelarutan dan antioksidan tidak berbeda nyata terhadap warna, rasa dan aroma. Perlakuan terbaik pada pembuatan minuman serbuk instan ini terdapat pada perlakuan 70:30.
Kata kunci: Minuman serbuk instan, daun alpukat, jahe merah, antioksidan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PERBANDINGAN EKSTRAK DAUN ALPUKAT (Persea americana Miller) DAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc.) TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK SENSORIS DAN ANTIOKSIDAN MINUMAN SERBUK INSTAN
Pengarang I MADE DIAN SAMUDRA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IMA p 2020
Subyek Minuman serbuk instan, daun alpukat, jahe merah, a
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua