Detail Cantuman Kembali
SUPARDI - Personal Name

ANALISIS BIAYA PENYUSUTAN ASET TETAP TERHADAP PERALATAN KANTOR MENURUT UU PPh PASAL 11 TAHUN 2008 PADA PT. TRANS BORNEO JAYA SAMARINDA TAHUN 2015

ABSTRAK
Supardi, Analisis biaya penyusutan aset tetap terhadap peralatan kantor menurut UU PPh pasal 11 tahun 2008 pada PT. Trans Borneo Jaya Samarinda. Di bawah bimbingan H. Kaspul AM. SE. M.Si sebagai dosen pembimbing I dan Dra.Saartje Helena Latumahina sebagai dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan metode penyusutan yang tepat antara metode penyusutan garis lurus dan metode saldo menurun dalam perhitungan biaya penyusutan menurut fiscal dan untuk mengatahui jumlah biaya penyusutan aset tetap atas peralatan kantor menurut UU PPh Pasal 11 Tahun 2008 pada PT. Trans Borneo Jaya di Samarinda.
Penelitian ini dilakukan di PT. Trans Borneo Jaya kelurahan Sidodamai Kecamatan Samarinda Ilir Kalimantan Timur, dengan subjek penelitian adalah manager, karyawan perusahaan dan objek penelitian adalah data-data yang diperoleh dari bagian administrasi, yaitu daftar peralatan kantor, daftar nilai residu, dan gambaran umum perusahaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dengan datang langsung ke perusahaan. Teknik wawancara dengan karyawan sedangkan teknik dokumentasi diperoleh dari karyawan PT. Trans Borneo Jaya di Samarinda.
Hasil perhitungan penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perbedaan perhitungan dengan menggunakan perhitungan perpajakan untuk metode garis lurus adalah Rp. 10.116.218,75, sedangkan menggunkan perhitungan perpajakan saldo menurun adalah Rp. 7.262.437,0425. Selisih biaya penyusutan antara metode garis lurus dengan metode saldo menurun adalah Rp. 3.540.656,6475. Disini terlihat bahwa perhitungan penyusutan dengan nilai penyusutan besar akan berakibat pembebanan pajak fiskal akan lebih kecil tetapi, jika nilai penyusutan kecil akan berakibat pembebanan pajak fiskal akan lebih besar.
Dapat disimpulkan bahwa jumlah biaya penyusutan dengan menggunakan metode garis lurus sebesar Rp. 10.116.218,75 jumlah biaya penyusutan dengan menggunakan metode saldo menurun sebesar Rp. 7.262.437,0425 sehingga setelah dihitung dengan menggunakan metode garis lurus sebagai metode yang paling tepat diperoleh biaya penyusutandan adalah sebesar Rp. 10.116.218,75.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS BIAYA PENYUSUTAN ASET TETAP TERHADAP PERALATAN KANTOR MENURUT UU PPh PASAL 11 TAHUN 2008 PADA PT. TRANS BORNEO JAYA SAMARINDA TAHUN 2015
Pengarang SUPARDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua