Penerapan Metode Subtractive Fuzzy C-Means pada Tingkat Partisipasi Pendidikan jenjang Sekolah Menengah Atas/Sederajat di Kabupaten/Kota Pulau Kalimantan Tahun 2018
Analisis cluster merupakan metode eksplorasi data yang digunakan untuk mendapatkan karakteristik yang tersembunyi dengan membentuk cluster data. Salah satu metode analisis cluster adalah Subtractive Fuzzy C-Means (SFCM). SFCM merupakan penggabungan dari metode Subtractive Clustering dan Fuzzy C-Means. Metode SFCM memiliki kelebihan yaitu tidak membutuhkan banyak iterasi, hasil yang didapatkan lebih stabil dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil clustering pada data angka partisipasi pendidikan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat. Data yang digunakan adalah data angka partisipasi pendidikan jenjang SMA/sederajat di Kabupaten/Kota Pulau Kalimantan tahun 2018 menggunakan tiga variabel yaitu Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Sekolah (APS) dan Angka Partisipasi Murni (APM). Berdasarkan tiga indeks validitas yaitu Partition Coefficient Index (PCI), Modified Partition Coefficient Index (MPCI), dan Xie & Beni Index (XBI) pada metode SFCM diperoleh cluster yang optimal sebanyak dua cluster.
Kata kunci : clustering, pendidikan, Subtractive Fuzzy C-Means.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Metode Subtractive Fuzzy C-Means pada Tingkat Partisipasi Pendidikan jenjang Sekolah Menengah Atas/Sederajat di Kabupaten/Kota Pulau Kalimantan Tahun 2018 |
---|---|
Pengarang | Widya Suerni - Personal Name |
No. Panggil | SRIPSI WID p 2020 |
Subyek | clustering, pendidikan, Subtractive Fuzzy C-Means |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Jurusan | Statistika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY