ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGASION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 41 SAMARINDA
Vivi Sriwijayanti Irawan, 2020 Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 41 Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Asnar, M.Si, selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Sopyan, M. Pd., selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui yang menjadi kendala dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis metode penelitian kualitatif dengan sistem wawancara dan observasi lapangan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Dengan focus penelitian yaitu motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif group investigasion dan kendala yang di hadapinya. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu teknik observasi dengan observasi guru mengajar dan peserta didik, teknik wawancara dengan mewawancarai empat responden, teknik kuesioner dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan kepada responden dan teknik dokumentasi dengan mengumpulkan foto sekolah, proses pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Pada analisis data penulis melaksanakan pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trigulasi metode dan trigulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa metode pembelajaran kooperatif dikonfirmasi berpengaruh positif dalam bekerjasama, berkomunikasi, serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Penerapan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation telah dilakukan cukup baik oleh guru dan siswa yang menimbulkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih aktif dan menarik. Adapun kendala – kendala yang dihadapi yaitu satu kali pertemuan materi cendrung lebih sedikit, sulitnya memberikan penilaian secara personal, tidak semua topic cocok dengan metode group investigasion dan diskusi kelompok biasanya berjalan kurang efektif. Kata Kunci: Group Investigation, Kooperatif, Motivasi Belajar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGASION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMPN 41 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Vivi Sriwijayanti Irawan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI VIV a 2020 |
Subyek | Group Investigation, Kooperatif, Motivasi Belajar. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN SEJARAH |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY