Studi Pengalaman Guru PPKn Mengajar Dengan Menggunakan Metode Ceramah Di SMKS TI LABBAIKA Samarinda
Rendi Saputra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Studi Pengalaman Guru PPKn Mengajar Dengan Menggunakan Metode Ceramah Di SMKS TI LABBAIKA Samarinda. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Wingkolatin, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. Edi Rachmad, M.Pd sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengalaman guru PPKn sebelum mengajar dengan menggunakan metode ceramah dan mendeskripsikan pengalaman guru PPKn sesudah mengajar dengan menggunakan metode ceramah metode ceramah di SMKS TI LABBAIKA Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMKS TI LABBAIKA Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini terfokus pada : 1) Pengalaman guru PPKn sebelum mengajar dengan menggunakan metode ceramah, dengan indikator: a. Merencanakan Pengajaran, b. Melaksanakan Pengajaran, c. Melakukan Evaluasi Pengajaran, d. Perbaikan dan Tindak Lanjut. Serta, 2) Pengalaman guru PPKn sesudah mengajar dengan menggunakan metode ceramah, dengan indikator: a. Merencanakan Pengajaran, b. Melaksanakan Pengajaran, c. Melakukan Evaluasi Pengajaran, d. Perbaikan dan Tindak Lanjut Waktu pelaksanaan penelitian ialah bulan April 2020. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa: 1) Pengalaman guru PPKn sebelum mengajar dengan menggunakan metode ceramah masih sangat minim, hal ini dapat dilihat dari segi kemampuan: a. Merencanakan Pengajaran, b. Melaksanakan Pengajaran, c. Melakukan Evaluasi Pengajaran, d. Perbaikan dan Tindak Lanjut yang masih perlu dimaksimalkan, dan 2) Pengalaman guru PPKn sesudah mengajar dengan menggunakan metode ceramah, ialah mengalami perubahan kearah yang lebih baik, peningkatan perubahan kemampuan dalam mengajar, dapat dilihat dari segi kemampuan: a. Merencanakan Pengajaran, b. Melaksanakan Pengajaran, c. Melakukan Evaluasi Pengajaran, d. Perbaikan dan Tindak Lanjut.
Kata kunci: Pengalaman Mengajar, Guru PPKn, Metode ceramah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Studi Pengalaman Guru PPKn Mengajar Dengan Menggunakan Metode Ceramah Di SMKS TI LABBAIKA Samarinda |
---|---|
Pengarang | RENDI SAPUTRA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI REN s 2020 |
Subyek | Pengalaman Mengajar, Guru PPKn, Metode ceramah. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY