Detail Cantuman Kembali
Alimantan - Personal Name

Analisis Pemasaran Beras Asal Luar Daerah Kalimantan Timur Studi Kasus Kota Balikpapan

ALIMANTAN. Analisis Pemasaran Beras Asal Luar Daerah Kalimantan Timur (Studi Kasus Kota Balikpapan). (Dibawah bimbingan Dr.H.Achmad Zaini, S.P.,M.Si dan Eko Harri Yulianto, S.P,.M.Si). Permintaan beras di Kota Balikpapan di penuhi dan di pasok dari luar daerah yaitu Jawa dan Sulawesi. Sistem di setiap lembaga pemasaran berbeda-beda dan ini menentukan harga beras tersebut. Penelitian ini bertujuab untuk mengetahui biaya pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran serta efisiensi pemasaran di Kota Balikpapan. Penelitian ini telah dilaksanakan dan mulai bulan Juli hingga bulan Oktober 2019 pada pasar di Kota Balikpapan. Pengambilan sampel menggunakan metode bola salju dengan jumlah sampel sebanyak 11 responden, terdiri atas 2 distributor atau pedagang besar, 2 pedagang pengecer di Penajam Paser Utara, dan 7 pedagang pengecer. Lokasi pasar tempat penelitian berlokasi di Pasar Pandansari, Pasar Damai dan Pasar Klandasan yang ada di Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai subjek penelitian berdasarkan data dari variabel yang diperoleh dari kelompok subjek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan terdapat satu macam saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran dua tingkat (produsen dari Surabaya dan Sulawesi - distributor di Balikpapan – pedagang pengecer di Balikpapan dan pengecer di Penajam Paser Utara- konsumen). Biaya pemasaran pada tingkat pedagang besar adalah Rp.32.50 kg-¹. Biaya pemasaran pada tingkat pengecer di Penajam Paser Utara adalah sebesar Rp. 160.00 kg-¹ dan Rp.190.00 kg-¹. Margin pemasaran yang diterima oleh pedagang besar adalah Rp.1.750,00 kg-¹, sedangkan margin pemasaran pada tingkat agen adalah Rp.1.500,00 kg-¹ dan untuk rata-rata margin pemasaran pada tingkat pengecer di 3 pasar yang ada di Kota Balikpapan adalah sebesar Rp. 919,00 kg-¹. Keuntungan yang diperoleh pedagang besar adalah Rp.1.717,5 kg-¹, dan keuntungan yang diperoleh pengecer di Penajam Paser Utara adalah Rp.1.150 kg-¹, dan rata-rata keuntungan dari Pasar Pandansari, Pasar Klandasan dan Pasar Damai adalah sebesar Rp.11.687,00 kg- ¹. Untuk efisiensi pemasaran beras di Kota Balikpapan pada saluran tingkat kedua di Kota Balikpapan adalah 0,16% dan saluran tingkat kedua di Penajam Paser Utara sebesar 1,56% , yamg didapatkan artinya saluran pemasaran ini sudah efisien karena.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pemasaran Beras Asal Luar Daerah Kalimantan Timur Studi Kasus Kota Balikpapan
Pengarang Alimantan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ALI a 2020
Subyek Kata Kunci : Pemasaran, Beras, Margin.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua