Detail Cantuman Kembali
ANDHY SUMANTERI - Personal Name

SUBSTITUSI TEPUNG UDANG REBON (Acetes indicus) DENGAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) DALAM RANSUM PAKAN IKAN PATIN (Pangasius hypophthalmus)

Andhy Sumanteri, 2020. Substitusi Tepung Udang Rebon (Acetes indicus) dengan Tepung Keong Mas (Pomacea canaliculata) dalam Ransum Pakan Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus). (Dibimbing oleh Komsanah Sukarti dan Andi Nikhlani).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh subsitusi tepung udang rebon dengan tepung keong mas dalam ransum pakan ikan patin. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, perbedaan perlakuan terletak pada perbedaan persentase tepung udang rebon dan tepung keong mas. Ransum pakan penelitian ini terdiri dari tepung udang rebon, tepung keong mas, tepung ampas tahu 18%, tepung dedak 10%, tepung tapioca 5%, tepung jangung 5%, vitamin 1% dan mineral 1%. Perlakuan P1 (tepung udang rebon 30% + tepung keong mas 30%), P2 (tepung udang rebong 0% + tepung keong mas 60%), P3 (tepung udang rebong 60% + tepung keong mas 0%) dan P4 (pakan pabrik).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi tepung udang rebon dengan tepung keong mas dalam ransum pakan ikan patin memberikan pertumbuhan berat, laju pertumbuhan harian dan konversi pakan bagi ikan patin walaupun tidak berbeda nyata, tetapi berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan panjang ikan patin serta penggunaan 30% tepung keong mas dan 30% tepung udang rebon dalam formulasi pakan memberikan pertumbuhan yang terbaik untuk ikan patin.
Kata kunci: Keong mas (Pomacea canaliculata), Udang rebon (Acetes indicus), Ikan patin (Pangasius hypophthalmus).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SUBSTITUSI TEPUNG UDANG REBON (Acetes indicus) DENGAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) DALAM RANSUM PAKAN IKAN PATIN (Pangasius hypophthalmus)
Pengarang ANDHY SUMANTERI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AND s 2020
Subyek Keong mas (Pomacea canaliculata)
Udang rebon (Acetes indicus)
Ikan patin (Pangasius hypophthalmus)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan budidaya perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua