Detail Cantuman Kembali
HESTY KALA'TASIK - Personal Name

ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 019 SAMARINDA ULU

Hesty Kala’Tasik, 2020. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Samarinda Ulu. Pembimbing I Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si dan Pembimbing II Fara Virgianita Pangadongan, M.Pd.

Kata Kunci: Kesulitan belajar, matematika, operasi hitung perkalian sekolah dasar.

Kesulitan belajar matematika (diskalkulia) merupakan kesulitan mengerjakan bilangan saat melakukan pekerjaan hitungan. Perkalian merupakan keterampilan komputasional yang dipandang paling sulit dipelajari atau diajarkan. Kesulitan belajar ini harus segera diatasi agar tidak menghambat pada materi – materi berikutnya. Penelitian ini betujuan untuk (1) mengetahui karakteristik kesulitan belajar dalam operasi hitung perkalian matematika, (2) Faktor- faktor apakah yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam operasi hitung perkalian matematika, dan (3) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar operasi hitung perkalian.Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif. Dari situasi sosial adanya siswa kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung perkalian, dipilih subjek penelitian berjumlah siswa 26 siswa yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan guru sebagai informan. Pengumpulan data dari informan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan uji keabsahan data dengan triangulasi teknik.Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut; (a) kesulitan belajar operasi hitung perkalian matematka berdasarkan aspek penelitian yaitu kekurangan pemahaman simbol; nilai tempat; proses yang keliru; dan perhitungan.(b) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar operasi hitung perkalian antara lain, minat, perhatian, relasi , faktor orang tua, guru dan lingkungan. (3) solusi untuk mengatasi kesulitan belajar perkalian yaitu pembelajaran dilakukan sesuai langkah pembelajaran matematika menurut teori piaget, memberikan penjelasan dan bimbingan yang baik juga memberikan motivasi kepada siswa untuk menghafal perkalian.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 019 SAMARINDA ULU
Pengarang HESTY KALA'TASIK - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HES a 2020
Subyek Kesulitan belajar, matematika
operasi hitung perkalian sekolah dasar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua