ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 019 SAMARINDA ULU
Hesty Kala’Tasik, 2020. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 019 Samarinda Ulu. Pembimbing I Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si dan Pembimbing II Fara Virgianita Pangadongan, M.Pd.
Kata Kunci: Kesulitan belajar, matematika, operasi hitung perkalian sekolah dasar.
Kesulitan belajar matematika (diskalkulia) merupakan kesulitan mengerjakan bilangan saat melakukan pekerjaan hitungan. Perkalian merupakan keterampilan komputasional yang dipandang paling sulit dipelajari atau diajarkan. Kesulitan belajar ini harus segera diatasi agar tidak menghambat pada materi – materi berikutnya. Penelitian ini betujuan untuk (1) mengetahui karakteristik kesulitan belajar dalam operasi hitung perkalian matematika, (2) Faktor- faktor apakah yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam operasi hitung perkalian matematika, dan (3) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar operasi hitung perkalian.Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif. Dari situasi sosial adanya siswa kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung perkalian, dipilih subjek penelitian berjumlah siswa 26 siswa yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan guru sebagai informan. Pengumpulan data dari informan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan uji keabsahan data dengan triangulasi teknik.Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut; (a) kesulitan belajar operasi hitung perkalian matematka berdasarkan aspek penelitian yaitu kekurangan pemahaman simbol; nilai tempat; proses yang keliru; dan perhitungan.(b) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar operasi hitung perkalian antara lain, minat, perhatian, relasi , faktor orang tua, guru dan lingkungan. (3) solusi untuk mengatasi kesulitan belajar perkalian yaitu pembelajaran dilakukan sesuai langkah pembelajaran matematika menurut teori piaget, memberikan penjelasan dan bimbingan yang baik juga memberikan motivasi kepada siswa untuk menghafal perkalian.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 019 SAMARINDA ULU |
---|---|
Pengarang | HESTY KALA'TASIK - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HES a 2020 |
Subyek | Kesulitan belajar, matematika operasi hitung perkalian sekolah dasar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY