Detail Cantuman Kembali
Novendi Komonius Sinaga - Personal Name

HUBUNGAN PATRON – KLIEN PADA USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT Gracilaria sp (Studi Kasus di Tanjung Sembilang Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara)


NOVENDI KOMONIUS SINAGA, 2020. Hubungan Patron-Klien Pada Usaha Budidaya Rumput Laut Gracillaria sp (Studi Kasus di Tanjung Sembilang Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara) (dibimbing oleh Erwiantono dan Oon Darmansyah) Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan patron-klien yang terjalin antara punggawa dan petambak budidaya rumput laut, serta bentuk-bentuk kerjasama yang terjalin dalam usaha budidaya rumput laut di Tanjung Sembilang.
Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan di Tanjung Sembilang, Kelurahan Muara Sembilang, Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode pengambilan data menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah responden punggawa sebanyak 3 orang dan petambak pembudidaya sebanyak 9 orang. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dimana data diolah, diseleksi, difokuskan dan disederhanakan serta diabstraksikan sesuai catatan dilapangan yang didapat.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan Patron-Klien pada masyarakat punggawa dan petambak budidaya rumput laut di Tanjung Sembilang terbentuk karena adanya hubungan saling membutuhkan, dimana ponggawa membutuhkan pembudidaya untuk menyuplai hasil rumput laut dalam mengembangkan usahanya, sedangkan pembudidaya membutuhkan punggawa untuk peminjaman modal yang besar dalam melakukan kegiatan produksi rumput laut di tambak serta untuk jaminan sosial dan ekonomi para pembudidaya.
Bentuk kerjasama yang terjalin pada masyarakat punggawa dan pembudidaya rumput laut di Tanjung Sembilang berdasarkan sistem kepercayaan dan pola bagi hasil dengan menggunakan perbandingan 2:1, dimana pemilik lahan mendapat 2 bagian sedangkan penjaga tambak mendapat 1 bagian. Dengan harga yang sudah ditentukan oleh punggawa.
Kata kunci: Hubungan Patron-Klien, Punggawa, Petambak, Tanjung Sembilang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PATRON – KLIEN PADA USAHA BUDIDAYA RUMPUT LAUT Gracilaria sp (Studi Kasus di Tanjung Sembilang Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara)
Pengarang Novendi Komonius Sinaga - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOV h 2020
Subyek Patron-Client Relationship, Retainer, Farmer, Tanj
Hubungan Patron-Klien, Punggawa, Petambak
Tanjung Sembilang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan Agrobisnis perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua