Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Empat Tingkat Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Materi Kesetimbangan Kimia Pada Siswa SMK Farmasi
Materi kesetimbangan kimia mencakup konsep terdefinisi, konsep abstrak, hitungan matematis, serta melibatkan representasi makroskopik, mikroskopik dan simbolik. Karakteristik materi tersebut berpotensi menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi sehingga dapat menimbulkan miskonsepsi. Salah satu instrumen tes yang diharapkan efektif untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa adalah tes diagnostik pilihan ganda empat tingkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik pilihan ganda empat tingkat yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi materi kesetimbangan kimia pada siswa SMK Farmasi, mengetahui kualitas butir tes diagnostik yang dikembangkan dan mengetahui informasi mengenai hasil analisis dari tes diagnostik tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yaitu : tahap pengkajian awal, tahap perancangan, tahap realisasi dan tahap tes, evaluasi dan revisi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil Penelitian instrumen tes diagnostik pilihan ganda empat tingkat yang dikembangkan dinyatakan layak memenuhi kriteria baik dengan rata-rata validitas 3,77 dan reabilitas 0,80 yang termasuk dalam kategori tinggi, daya pembeda soal terdiri dari 8 soal berkategori baik, 12 soal berkategori cukup dan tingkat kesukaran soal terdiri dari 18 soal dengan kategori baik dan 2 soal dengan kategori sulit. Dalam penelitian ini terdapat banyak temuan miskonsepsi.
Penelitian ini hanya mengembangkan tes diagnostik pada ranah kognitif. Penulis mengharapkan kedepannya terdapat perkembangan penelitian yang memadukan ranah kognitif dan ranah afektif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Empat Tingkat Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Materi Kesetimbangan Kimia Pada Siswa SMK Farmasi |
---|---|
Pengarang | NESIAH PAYUNG RANGGU - Personal Name |
No. Panggil | TESIS NES p 2020 |
Subyek | Tes diagnostik empat tingkat, miskonsepsi, kesetim |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY