PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DI TK UNGGUL BHARATA SAMARINDA TAHUN 2013/2014
ABSTRAK
Rini Cahyani. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B TK Unggul Bharata Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014. Dibimbing oleh Bapak Drs. H. Sujiman, M.Pd dan Ibu Dra. Sudilah MW.M.Pd
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Media Boneka Tangan
Kurangnya kemampuan berbicara anak menjadi latar belakang masalah bagi peneliti unuk melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah “Bagaimana peningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok B dengan media boneka tangan di TK Unggul Bharata Samarinda?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok B di TK Unggul Bharata Samarinda tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B Taman Kanak-kanak Unggul Bharata Samarinda yang berjumlah 27 orang anak dengan objek penelitian yaitu peningkatan kemampuan berbicara anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deksriftif kualitatif dengan cara menjumlah, mencari nilai rata-rata dan mencari persentase agar mudah dibaca alur berpikirnya melalui tabel dan grafik kemudian menggambarkan kemampuan anak dalam bentuk kalimat deskripsi.
Dengan media boneka tangan ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar anak. Berdasarkan data yang menunjukkan pada siklus I perolehan nilai rata-rata adalah 49 termasuk kategori kurang sekali dengan presentase ketuntasan hasil belajar anak 37% memperoleh nilai krang sekali dan 63% memperoleh nilai kurang. Siklus II perolehan nilai rata-rata anak adalah 65 termasuk kategori cukup dengan presentase ketuntasan hasil belajar anak 44% memperoleh nilai cukup dan 56% memperoleh nilai baik, dan siklus III perolehan nilai rata-rata anak adalah 71 yang termasuk kategori baik dengan presentase ketuntasan hasil belajar anak yaitu 78% memperoleh nilai Baik dan 22% memperoleh nilai Cukup. Dari hasil penelitian tindakan kelas di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Unggul Bharata Samarinda tahun ajaran 2013/2014, dengan pelaksanaan tindakan kelas diharapkan sekolah khususnya guru lebih menggunakan media boneka taangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak TK.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DI TK UNGGUL BHARATA SAMARINDA TAHUN 2013/2014 |
---|---|
Pengarang | RINI CAHYANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2014 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY