Detail Cantuman Kembali

KONDISI FISIOLOGI DAN PATOLOGI ANATOMI IKAN YANG DIBUDIDAYAKAN DI KOLAM BEKAS TAMBANG DI LOA BAHU SAMARINDA


RUBEN BUNGARANG HUTAGALUNG, 2019. Kondisi Fisiologi dan Patologi Anatomi Ikan yang Dibudidayakan Dikolam Bekas Tambang Di Loa Bahu Samarinda (dibimbing oleh Gina Saptiani dan Henny Pagoray).
Penelitian ini bertujuan mempelajari kondisi fisiologi dan patologi anatomi ikan yang dibudidayakan di karamba kolam pasca tambang batubara, berdasarkan fisiologi,,patologi anatomi dan kondisi kesehatan ikan yang dibudiayakan dikaramba pasca tambang batubara berdasarkan Nutrition Value Coeficient (NVC) serta kualitas air di kolam pasca tambang batubara terhadap kelayakan budidaya ikan. Sampel ikan dan air diambil dari karamba di kolam bekas tambang batu bara. Ikan mas dan nila diambil dari delapan karamba yang masing-masing lima ekor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala klinis, patologi anatomi organ luar dan organ dalam pada ikan nila dan ikan mas memiliki nilai yang sama yaitu 1 dengan kriteria normal. Uji kesehatan NVC menunjukkan ikan mas di semua karamba nilai NVC ≥ 1,7 kondisi dan pertumbuhan ikan mas dapat dikatakan baik, sedangkan ikan nila pada keramba 1 dan 3 memiliki nilai rata-rata NVC ≥ 1,7, sedangkan di karamba 2 dan 4 memiliki nilai rata-rata NVC < 1,7, yaitu kondisi pertumbuhannya kurang baik. Kualitas air secara umum baik hanya kandungan hydrogen sulfida yang cukup tinggi, yaitu pada karamba ikan mas 0,13 mg/l dan ikan nila 0,14 mg/l).
Kata Kunci : Fisiologi, kolam bekas tambang, NVC, patologi anatomi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KONDISI FISIOLOGI DAN PATOLOGI ANATOMI IKAN YANG DIBUDIDAYAKAN DI KOLAM BEKAS TAMBANG DI LOA BAHU SAMARINDA
Pengarang RUBEND BUNGARAN HUTAGALUNG - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KON 2020 R
Subyek Fisiologi, kolam bekas tambang, NVC, patologi anat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan budidaya perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua