Detail Cantuman Kembali
ANDI NURHIDAYAH - Personal Name

Analisis Keterampilan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Menggunakan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO) Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Kurikulum 2013

Andi Nurhidayah, Analisis Keterampilan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Menggunakan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO) materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Kurikulum 2013 dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Muh. Amir M, M. Kes dan Ibu Dr. Herliani, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterampilan berpikir siswa pada tiap indikator Taksonomi (Structure Of Observed Learning Outcomes (SOLO) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kurikulum 2013, (2) Peningkatan keterampilan berpikir siswa pada indikator Taksonomi (Structure Of Observed Learning Outcomes (SOLO) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kurikulum 2013,(3) Pencapaian KKM siswa dengan menggunakan Taksonomi (Structure Of Observed Learning Outcomes (SOLO) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI Farmasi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI D Farmasi berjumlah 25 siswa pada setiap kelas. Teknik yang digunakan pengambilan sampel dengan porporsive yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal post-test dan ulangan akhir bab. Data dari hasil belajar dan keterampilan berpikir dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil analisis uji menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan berpikir siswa pada tiap indikator Taksonomi (Structure Of Observed Learning Outcomes (SOLO) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kurikulum 2013 pada indikator unistruktural sebesar 91,47 dengan kriteria baik sekali, indikator multistruktural sebesar 80,40 dengan kriteria baik sekali, indikator relasional yaitu 52,53 dengan kriteria kurang dan indikator abstrak diperluas yaitu 42,67 dengan kriteria kurang. (2) Peningkatan keterampilan berpikir siswa pada indikator Taksonomi (Structure Of Observed Learning Outcomes (SOLO) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kurikulum 2013 baik. Indikator Unistruktural pada tiap pertemuan berturut-turut sebesar 50%, 90%, 96% dam 100 % . Indikator Multistruktural pada tiap pertemuan berturut-turut sebesar 56%, 80%, 80% dan 86%. Indikator Relasional pada tiap pertemuan berturut-turut sebesar 12%, 64%, 48% dan 60%. Indikator Abstrak diperluas pada tiap pertemuan berturut-turut sebesar 4%, 52%, 48% dan 48%. (3). Pencapaian KKM siswa dengan menggunakan Taksonomi (Structure Of Observed Learning Outcomes (SOLO) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kurikulum 2013 sebanyak 17 siswa tuntas dan 8 siswa belum tuntas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Keterampilan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia Menggunakan Taksonomi Structure of Observed Learning Outcomes (SOLO) Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan pada Kurikulum 2013
Pengarang ANDI NURHIDAYAH - Personal Name
No. Panggil TESIS AND a 2020
Subyek Taksonomi SOLO , Hasil Belajar , Keterampilan Ber
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua