Detail Cantuman Kembali
KURNIADI HAMID - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SEL SISWA KELAS XI SMA

Kurniadi Hamid, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada Materi Sel di Kelas XI SMA. Tesis program studi S2 Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman, dibawah bimbingan H. Muh. Amir Masruhim dan H. Yusak Hudiyono.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi sel. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan media pembelajaran model 4-D (Four D-Model) yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar validasi media, lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Kelayakan media pembelajaran menurut validator kategori baik dengan hasil rata-rata 4,3 semua aspek berada dalam rentang 3,50 ≤ N < 4,50. Efektivitas media pembelajaran diperoleh hasil belajar siswa 92,86% siswa yang tuntas belajar, aktivitas siswa menunjukkan aktivitas positif dengan rata-rata 4,3 semua aspek, analisis respon siswa terhadap semua aspek berada diatas 70%, kemampuan guru mengelola pembelajaran rata-rata 3,7 semua aspek masuk kriteria baik dalam rentang 3,50
≤ TKG < 4,50. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada materi sel telah memenuhi kriteria sangat layak dan efektif pada proses pembelajaran di SMA.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI SEL SISWA KELAS XI SMA
Pengarang KURNIADI HAMID - Personal Name
No. Panggil TESIS KUR p 2020
Subyek pembelajaran biologi, Macromedia Flash, sel
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Magister Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua