PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GRAPHIC ORGANIZERS TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 SAMARINDA PADA MATERI ANIMALIA
Model pembelajaran Graphic Organizers adalah perangkat (tools) berupa grafik visual yang dikembangkan menjadi model pembelajaran baru, sehingga dapat memperlihatkan keteraturan dan kelengkapan proses pemikiran, melalui ide, konsep, fakta, dan istilah dalam satu topik utama. Berpikir kreatif merupakan ungkapan (ekspresi) dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Rumusan masalah pada penelitan ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Graphic Organizers terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Samarinda?.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran graphic organizers terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas x SMA Negeri 8 Samarinda pada materi animalia. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasi Experiment) yang mempunyai kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang masing-masing diberi pretest dan posttest. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Samarinda yaitu pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji MANOVA. Berpikir kreatif siswa pada penerapan model pembelajaran graphic organizers dengan nilai signifikansi < α (0,010< 0,05).. Hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran graphic organizers dengan nilai signifikansi < α (0,000< 0,05). Jika nilai signifikansi lebih kecil daripada nilai α maka terdapat pengaruh antara model pembelajaran graphic organizers terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model pembelajaran, graphic organizers, berpikir kreatif, hasil belajar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GRAPHIC ORGANIZERS TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 SAMARINDA PADA MATERI ANIMALIA |
---|---|
Pengarang | Sumartijah - Personal Name |
No. Panggil | TESIS SUM p 2020 |
Subyek | Model pembelajaran, graphic organizers, berpikir k |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI S2 |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY