Pengembangan Media Pembelajaran (Online) Berbantuan Aplikasi Kahoot dan Komik Strip Dalam Upaya Meningkatkan Nilai Kognitif Siswa Kelas VIII SMPK St. Fransiskus Asisi Samarinda
NURYANTI PURWANTI. Pengembangan Media Pembelajaran (Online) Berbantuan Aplikasi Kahoot dan Komik Strip Dalam Upaya Meningkatkan Nilai Kognitif Siswa Kelas VIII SMPK St Fransiskus Asisi Samarinda. Tesis. Samarinda: Program Pascasarjana, Universitas Mulawarman, 2020. Produk penelitian pengembangan ini hasil dari bimbingan Dr. Elsje Theodora Maasawet, M.Pd dan Dr. Vandalita Maria M. Rambitan, MP.
Penelitian pengembangan ini bertujuan: untuk mengetahui hasil diagnosa awal terhadap kemampuan belajar siswa dan kondisi proses belajar mengajar yang menjadi dasar pengembangan media pembelajaran IPA yang mampu meningkatkan nilai belajar kognitif siswa kelas VIII SMP.
Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain yang dikembangkan oleh Jan van Den Akker dengan model pengembangan educational design. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur, yang meliputi: penelitian pendahuluan, tahap prototipe, evaluasi sumatif, refleksi sistematis dan dokumentasi. Pada fase evaluasi sumatif dilakukan validasi ahli media oleh Dr. Abdul Hakim dan validasi materi oleh Dr. Yusak Hudiyono, M.Pd. dan fase penelitian pendahuluan dan fase prototipe dilakukan pada siswa kelas VIII-1 dan VIII-2. Sedangkan fase refleksi sistematis dan dokumentasi dilakukan di SMPK Fransiskus Asisi. Dikarenakan adanya Covid-19, mengakibatkan keterbatasan penelitian sehingga fase persiapan, proses dan adaptasi pada tahap pengujian dilakukan secara terbatas yaitu kepada peserta didik dan pendidik SMPK Fransiskus Asisi Samarinda.
Penelitian ini: (1) membantu mengakomodasi keterbatasan yang dimiliki oleh media pembelajaran sebelumnya sehingga perlu pengembangan media pembelajaran, (2) menghasilkan media pembelajaran online dalam bentuk aplikasi kahoot dan komik Strip. (3) produk yang dihasilkan dinilai layak oleh validator dan responden siswa pada development testing untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA Terpadu pada siswa kelas VIII dengan skor 3,76 dan 3,24, dan (4) produk yang dihasilkan efektif meningkatkan nilai kognitif siswa SMP kelas VIII sebagai hasil belajar, terbukti dengan nilai rata-rata pretest sebesar 55,3 meningkat pada posttest sebesar 84,2 dengan perbandingan t hitung terhadap t tabel sebesar 2,283 > 1,99897 dan uji independent t test sebesar 0,026 < 0,05. Ini membuktikan media pembelajaran mampu meningkatkan nilai kognitif belajar IPA siswa kelas VIII SMPK St. Fransiskus Asisi Samarinda. Dengan demikian, media evaluasi pembelajaran yang dikembangkan ini layak untuk digunakan oleh siswa SMP kelas VIII di Kota Samarinda.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi kahoot dan komik strip, Nilai Belajar Kognitif
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Media Pembelajaran (Online) Berbantuan Aplikasi Kahoot dan Komik Strip Dalam Upaya Meningkatkan Nilai Kognitif Siswa Kelas VIII SMPK St. Fransiskus Asisi Samarinda |
---|---|
Pengarang | Nuryanti Purwanti - Personal Name |
No. Panggil | Karya Tulis Ilmiah NUR p 2020 |
Subyek | Media Pembelajaran Aplikasi kahoot dan komik strip Nilai Belajar Kognitif |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY