Detail Cantuman Kembali
Farida Nurlaila - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN e-MODUL BIOLOGI MELALUI APLIKASI FLIPBOOK MAKER DENGAN VIDEOCRIBE KELAS XII IPA SMA NEGERI DI SAMARINDA

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi khususnya era revolusi industri 4.0, mempengaruhi pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran. Pembelajaran konvensional mulai dipadukan dengan pembelajaran elektronik atau e-learning, sehingga memungkinkan peserta didik dapat belajar kapan saja dan dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media e-modul dengan menggunakan aplikasi flipbook maker dan video scribe pada materi substansi genetik. 2) mengetahui kelayakan dari e-modul yang dikembangkan, 3) mengetahui keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. . Metode penelitian mengikuti prosedur ppengembangan Borg and Gall dengan 4 tahapan utama yaitu 1) pra pengembangan 2) pengembangan awal 3) pengembangan 4) penerapan.
Validasi desain melibatkan 3 ahli yaitu (1orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 1 orang ahli bahasa) dilibatkan untuk menilai kelayakan materi, desain e-modul dan kelayakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penilaian kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi. Tahap uji coba melibatkan 55 orang peserta didik (22 peserta didik uji coba terbatas dan 33 peserta didik uji coba lapangan dan 35 siswa pada tahap penerapan). untuk melihat keefektifan e-modul tersebut dilakukan pretest dan posttest pada tiap-tiap uji. Penilaian kemenarikan e-modul menggunakan respon angket, yaitu respon guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media e-modul berbasis flip book pada pelajaran biologi di SMA Negeri kota Samarinda mendapatkan nilai rata-rata 89.26%, termasuk dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik mendapat penilaian sebesar 82.21 % termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa e-modul yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran. Dari pretest dan posttes diperoleh nilai gain score 0,75 kategori tinggi, dan nilai peserta didik lebih dari 80% diatas KKM, membuktikan penggunaan e-modul sangat efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Media e-Modul, Flipbook maker, Substansi Genetik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN e-MODUL BIOLOGI MELALUI APLIKASI FLIPBOOK MAKER DENGAN VIDEOCRIBE KELAS XII IPA SMA NEGERI DI SAMARINDA
Pengarang Farida Nurlaila - Personal Name
No. Panggil TESIS FAR p 2020
Subyek Media e-Modul, Flipbook maker, Substansi Genetik.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PASCASARJANA MAGISTER KEPENDIDIKAN S2
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua