Detail Cantuman Kembali
JENNY SULISTRIANI - Personal Name

Mantra pada Tradisi Minuman Pengasih dalam Pernikahan Suku Dayak Belusu: Kajian Folklor

Sulistriani, Jenny. 2020. Mantra pada Tradisi Minuman Pengasih dalam Pernikahan suku Dayak Belusu: Kajian Folklor. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing 1: Dr. H. Mursalim, M.Hum. Pembimbing II: Dahri D., M.Hum.
Kata kunci: bentuk, fungsi, minuman pengasih, dayak belusu Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana bentuk mantra pada tradisi minuman pengasih pernikahan suku Dayak Belusu? (2) bagaimana fungsi mantra yang terdapat pada tradisi minuman pengasih pernikahan suku Dayak Belusu?. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan bentuk mantra pada tradisi minuman pengasih pernikahan suku Dayak Belusu? (2) mendeskripsikan fungsi mantra yang terdapat pada tradisi minuman pengasih pernikahan suku Dayak Belusu?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mantra pada tradisi minuman pengasih dalam pernikahan suku Dayak Belusu, Sedangkan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif yakni meliputi: (1) pengumpulan data, (2) transkip data, (3) transliterasi, (4) penarikan kesimpulan.
Hasil analisis bentuk mantra pada tradisi minuman pengasih dalam pernikahan suku Belusu merupakan wujud doa kepada roh-roh nenek moyang dan fungsi mantra agar dijauhkan dari hal-hal buruk, sehingga acara masyarakat Belusu berjalan dengan lancar dan tetap rukun.
Kata kunci: bentuk, fungsi, minuman pengasih, dayak belusu.








Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Mantra pada Tradisi Minuman Pengasih dalam Pernikahan Suku Dayak Belusu: Kajian Folklor
Pengarang JENNY SULISTRIANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JEN m 2020
Subyek Bentuk,fungsi,minuman pengasih, dayak belusu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua