Detail Cantuman Kembali
Retno Hanani - Personal Name

Pengaruh Pola Makan, Aktivitas Fisik, dan Genetik Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Di SMK Kelas X Wilayah Kerja Puskesmas Segiri

Masalah gizi remaja perlu mendapat perhatian khusus karena sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Prevalensi obesitas menurut Kemenkes RI (2020) yakni sebesar 13,5% pada remaja usia 16-18 tahun. Remaja yang mengalami obesitas memiliki risiko pada gangguan kesehatan seperti sistem jantung dan pembuluh darah.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pola makan, aktivitas fisik, dan genetik terhadap kejadia n obesitas pada remaja SMK kelas X di wilayah kerja Puskesmas Segiri. Desain penelitian ini adalah case control 1:1 dengan jumlah sampel sebanyak 110 remaja. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Food Frequency Questionnaire, Physical Activity Questionnaire for Adolescent, kuesioner genetik, dan data sekunder hasil pengukuran antropometri. Analisis data menggunakan uji chi square dengan odds ratio dengan signifikan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pola makan terhadap kejadian obesitas pada remaja (p=0,003), tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas fisik terhadap kejadian obesitas pada remaja (0,820) dan terdapat pengaruh yang signifikan antara genetik terhadap kejadian obesitas pada remaja (p=0,000).
Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh antara pola makan dan genetik dengan kejadian obesitas serta tidak terdapat pengaruh antara aktivitas fisik dengan kejadian obesitas. Dianjurkan para remaja dapat membatasi kebiasaan makanan minum yang berisiko dan dapat merubah gaya hidup sehat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Pola Makan, Aktivitas Fisik, dan Genetik Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Di SMK Kelas X Wilayah Kerja Puskesmas Segiri
Pengarang Retno Hanani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RET p 2020
Subyek Citra Tubuh, Pola Makan, Status Gizi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua